Ibu Megawati Soekarno Putri
Ibu Megawati Soekarno Putri

Jakarta, HMINEWS.COM- Saat ini, sangat terasa perbedaan antara generasi pemuda abad 20 dengan generasi pemuda pada zaman kemerdekaan. Pemuda saat ini cenderung mudah emosi dan minim semangat juang.

Demikian dikatakan Ketua Umum, Megawati Soekarno Putri di kediamannya Jalan Teuku Umar Kamis (19/8) dalam rangka acara buka puasa bersama peserta grand final cerdas cermat SLTA di Jakarta Pusat.

“Pemuda-pemudi saat ini sepert hidup seakan-akan di atas awang-awang, di mana pemuda-pemudi saat ini tidak merasa dan menyadari bagaimana generasi pendahulu dalam berjuang merebut kemerdekaan bangsa ini,” kata Mantan Presiden RI ini.

Mega menilai, generasi muda saat ini harusnya banyak belajar dari pendahulunya untuk meneguhkan kembali jati diri bangsa yang tidak lagi mengamalkan nilai-nilai pancasila, dimana saat ini orang mudah sekali terpancing untuk marah dan emosi, apakah ini mencerminkan nilai-nilai pancasila, kata Mega.

Ketika Mega menjabat sebagai Presiden RI, Mega telah melakukan beberapa langkah serta mengintruksikan semua pembantunya untuk memberikan perhatian penuh terhadap penanganan masyarakat di daerah perbatasan sekaligus dalam penanganan pulau-pulau terluar tersebut, pada waktu itu saya meminta agar pulau-pulau terluar segera diinventarisasi, diberi nama dan kemudian penduduknya diberi aktivitas produktif,” jelas Mega.

Ternyata hal tersebut belum selesai dan negara tetangga justru banyak memberikan kemudahan bagi WNI yang ada di wilayah perbatasan,  oleh karenanya WNI yang tinggal di daerah perbatasan dan pulau terluar lebih mengenal negara tetangga ketimbang negerinya sendiri. Bagaimana pun pemerintahan saat ini diminta lebih serius  terhadap kehidupan masyarakat perbatasan dan penanganan pulau-pulau terluar. []qian/nm