Indonesia-Malaysia Saling Tukar TahananHMINEWS.COM- Akhirnya setelah terjadi protes dengan disertai pembakaran bendera pemerintah Diraja Malaysia serta diplomasi yang intensif, Tiga staf Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ditahan Malaysia akhirnya dibebaskan, dimana  Ketiga stat KKP  sudah berkumpul dengan kerabat dan keluarganya di Johar Baru, Malaysia.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa sebelum mengikuti detik-detik upacara peringatan  HUT RI ke-65 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 17 Agustus 2010, mengatakan  “Kami bersyukur  sekitar 20 menit lalu, saudara kita  staf KKP  sudah dibawa ke Perlindungan Konsulat Jenderal RI,”

Menurut Marty, tepatnya  pagi tadi bertempat dijohar baru, Malaysia ketiganya sudah berkumpul dengan saudaranya, dimana dalam waktu yang hampir bersamaan tujuh nelayan Malaysia yang ditangkap Indonesia juga sudah dilepas, kemuadian akan  dideportasi,  kata Marty.

Marty sangat menolak kalau pembebasan ini  disebut sebagai  proses  barter atau pertukaran. pasalnya kedua pihak, baik Malaysia maupun Indonesia  sudah saling dan merasa cukup memperoleh keterangan dari nelayan Malaysia dan tiga staf  KKP. Tugas kami memastikan, kalau tiga saudara kami kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat,” tegas Marty. []ham