HMINEWS.COM-  Ustadz Abu Baakar Ba’asyir yang baru saja ditangkap dengan alasan tidak jelas oleh Detasemen 88 mengalami kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Oleh karena itu ketua presdium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Jose Rizal Jurnalis berniat untuk memberikan bantuan medis kepada Ustadz Abu.

Jose Rizal sudah melakukan permohoan agar diperkankan untuk mendampingi Ustaz Abu sebagai tim kesehatan saat diinterogasi nanti. MER-C adalah organisasi relawan kesehatan yang selama ini paling proaktif melakukan aksi kemanusiaan terhadap masyarakat Muslim. Beberapa waktu lalu, banyak anggota MER-C yang dikirimkan ke PAlestina sewakti ada inseden penyerangan Israel atas kapal Flotilla.

Sementara ini dari Jombang dilaporkan bahwa keluarga Abu Bakar Ba’asyir menentangkeras penangkapan tersebut. “Paman Bakar (Abu Bakar Ba’asyir) bukan teroris. Tapi beliau hanya berdakwah Islam ke mana-mana,” kata keponakan Abu Bakar, Azizah Ba’asyir di rumah orang tua Abu Bakar Baasyir, di Dusun Kepunden, Desa Kebon Dalem, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Senin (9/8/2010).

Sebagaimana diketahui, tahun 2006 lalu Ustadz Abu juga ditangkap dan dipenjarakan oleh Pemerintah Indonesia dengan tudhan yang sama, terorisme. Namun demikian sampai saat ini tuduhan tersebut belum bisa dibuktikan oleh pihak Pemerintah. [] lk