Salah Satu Gereja Milik Jemaat HKBP

Jakarta,HMINEWS.COM- Diperkirakan akan ada sekitar seribu umat Nasrani dari Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)  akan berkumpul di depan Istana Merdeka untuk menghadiri Kebaktian Minggu tepatnya di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat  pada hari ini Minggu (15/8)  pukul 13.00 WIB yang  dihadiri beberapa tokoh dari  lintas agama.

Jeirry Sumampow, Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI mengatakan, Kebaktian Minggu ini  memang lain dari yang lain dan ini bukan berarti Jamaat HKBP tidak memiliki tempat Ibadah tetapi kami berkumpul di depan istana tidak hanya untuk melaksanakan prosesi kebaktian tapi kami juga ingin menyampaikan sesuatu serta  meminta perhatian pemerintah atas pelarangan ibadah yang dilakukan sekelompok orang terhadap jemaat HKBP di Pondok Timur Indah, Bekasi, Ahad silam.

Kegiatan Kebaktian ini sengaja dilakukan  depan Istana Merdeka sekaligus memanfaatkan momentum HUT Republik Indonesia, Harapannya biar mata dan  telinga pemerintah mau melihat dan mendengar serta terbuka bahwa sekarang ini ada problem yang harus segera diselesaikan terkait dengan  kebebasan beribadah.  Beribadah seharusnya bisa di mana saja, tanpa harus ada izin,” kata Jeirry.

Dalam Prosesi kebaktian depan istana, rencananya akan di hadiri  Ketua Umum PGI Pendeta Andreas A. Yelangoew,  Sedangkan  Pendeta Siahaan dari HKBP yang akan mimpin kebaktian. “kami berharap setelah kebaktian ini  negara  bisa menjamin serta melindungi umat beragama yang ingin melaksanakan ibadah, sebagaimana yang di atur dalam konstitusi, kata  Jeirry. []dni