Ketua DPD Irman Gusman

Jakarta, HMINEWS.COM- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan tetap mengagendakan perubahan UUD 1945, Pasalnya ini merupakan lanjutan dari perubahan sebelumnya, oleh karena itu  sangat dibutuhkan suatu kebersamaan untuk tetap melanjutkan serta mengagendakan  perubahan UUD 1945.

Demikian hal tersebut disampaikan Ketua DPD Irman Gusman dalam sambutan singkat pada acara buka puasa bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di rumah dinas Ketua DPD,  Selasa (24/8) Jakarta.

Dalam jangka panjang masih  banyak tantangan yang memerlukan penyelesaian dengan kebersamaan, seperti misalnya untuk membahas perubahan lanjutan UUD 1945, dimana hal ini dilakukan untuk mempercepat proses demokratisasi dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, sedangkan dalam jangka pendek dan menengah diperlukan suasana yang kondusif untuk pembangunan serta pemenuhan kesejahteraan, demokrasi dan keadilan bagi semua rakyat Indonesia, ujar Usman.

Usman bersama DPD sangat mengharapkan di era Demokrasi yang semakin tumbuh dan berkembang dengan seiringnya  perbaikan sistem ketatanegaraan akan makin mendekatkan bangsa ini kepada tercapainya  tujuan berbangsa dan bernegara yang didukung adanya  hubungan yang sinergi antar lembaga negara.

DPD yang merupakan produk dari Reformasi telah tumbuh dan berkembang selama 2 periode, oleh karena itu saya sebagai ketua DPD mengharapkan adanya hubungan harmonis dan sinergi antar lembaga negara, dimana hubungan kerjasama yang baik ini menjadi modal DPD dalam menjalankan tugas untuk kemajuan daerah.

Dalam kesempatan ini, Usman juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga DPD dan DPR dapat bersidang bersama pada pidato kenegaraan Presiden 16 Agustus 2010, dimana hal tersebut sebagai penguatan peran DPD dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, sehingga ini menjadi momentum awal yang baik untuk lebih memperkuat dan memperbaiki hubungan antar lembaga legislatif dengan eksekutif serta hubungan dan mekanisme kerja antara DPR dan DPD, kata Usman. []inilah/ham