Yogyakarta,HMINEWS.COM- Sehari di bulan Ramadhan, Khoir Umi Latifah (25) warga Buyengan, Klaten, nekat mengajak dua anaknya yang masih balita bakar diri. pasalnya Wanita nekat ini terlilit hutang hanya 20 ribu rupiah.

Umi yang bekerja sebagai penjaga rumah kos tidak sanggup membayar hutang, jaln pntas pun diambil untuk mengakhiri hidup dengan cara mengajak keduanya untuk membakar diri, dugaan kuat, umi sangat terpukul dan stres berat terkait beban hidup yang tidak pasti.

Kejadian nekat ini terjadi di rumah kos Wisma Perkutut, Gang Ori II, No 16 B Papringan, Catur Tunggal, Depok, Sleman

Umi Latifah meninggal dengan luka bakar di sekujur tubuhnya. Sedang dua orang anak korban, Lindu Aji (4) dan Dwi (2,5), mengalami luka bakar serius hingga 50 persen. Kedua bocah malang ini sempat dilarikan ke RS Bethesda Yogyakarta. Namun Lindu dan Dwi kemudian dipindahkan ke RS dr Sardjito Yogyakarta.

Menurut Kapolsek Depok Barat, AKP Andreas Deddi Wijaya,  korban di duga nekat bunuh diri akibat depresi. Umi Latifah tidak kuat menanggung himpitan ekonomi yang membelit kehidupan rumah tangganya. hal ini  berdasarkan surat yang ditulis Umi untuk suaminya Slamet (30).

Dalam suratnya, Umi  meminta sang suami untuk melunasi utang-utangnya kepada seseorang. ‘Mas aku njileh duit Mbak Turiyah Rp 20.000, sok nek duwe duit, tolong dibalekno yo (mas aku meminjam uang kepada Mbak Turiyah Rp 20.000. Besok kalau punya uang, tolong dikembalikan ya)’, demikian bunyi surat Umi.

Terkait Motif lainnya, polisi  masih menyelidiki, tapi untuk saat ini dan berdasarkan surat wasiat itu ada dugaan masalah ekonomi. Ini masih perlu penyelidikan,”ujar  Andreas.

Dimana peristiwa tragis ini pertama kali diketahui penghuni kost bernama Dewa (25) yang tinggal di lantai dua.  Dewa yang saat itu mendengar suara ledakan bersama rekan dan warga sekitar langsung menuju lokasi serta  mendobrak pintu kamar mandi yang terkunci dari dalam,

pintu berhasil didobrak, namun ketiga korban sudah dalam kondisi mengenaskan. nyawa Umi  dalam keadaan tergeletak dan langsung meninggal ditempat,  Sedangkan kedua anaknya berhasil diselamatkan, kata  Andreas. []detik/ qian