HMINEWS – Indonesia menyabet tempat-tempat teratas dalam kompetisi 17th International Mathematics Competition (IMC) diikuti 392 mahasiswa dari 40 negara yang digelar American University in Bulgaria di Kota Blagoevgrad, Bulgaria, 24-30 Juli 2010.

Juara pertama diperoleh Albert Gunawan, mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Juara keduanya juga dimenangkan oleh mahasiswa UGM bernama Made Tantrawan.  Sementara juara ketiga adalah Lois Mutiara (UI), Satria Stanza (ITS), Harun Immanuel (Unair), serta dua Certificate untuk Yosafat Pangalela dan Ahmad Agung (ITB).

Albert Gunawan (21), mahasiswa berkacamata di Fakultas MIPA Jurusan Matematikan UGM tersebut pada tahun 2008 juga berhasil meraih perunggu (third prize) pada ajang yang sama di Teheran, Iran.

Indonesia mengirimkan tujuh mahasiswa yakni Albert Gunawan dan Made Tantrawan dari UGM, Ahmad Agung Ahkam dan Yosafat Eka P. Pangalela (ITB), Harun Immanuel (Unair), Lois Mutiara (UI), Satria Stanza Pramayoga (ITS). Ketujuhnya memperoleh penghargaan.

Koordinator IMC, Prof. John E. Jayne dari University College London menyampaikan penghargaannya kepada negara-negara yang berpartisipasi dalam IMC, termasuk Indonesia yang disebutkannya secara khusus.

Dubes RI untuk Bulgaria, Immanuel Robert Inkiriwang, menyambut baik kebijakan Pemerintah Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa/pelajar yang meraih penghargaan di berbagai kompetisi ilmu pengetahuan internasional [] lk