Kuala Lumpur – HMINEWS.Com, Puluhan mahasiswa Malaysia melakukan demontrasi di depan kantor kedutaan Indonesia di Malaysia, Senin (30/08). Demontrasi dilakukan sebagai bentuk protes mereka atas aksi yang dilakukan oleh Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) yang melemparkan kotoran manusia di halaman kantor kedutaan Malaysia di Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Sebagaimana di beritakan Antara, demontrasi tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa Malaysia, tapi juga beberapa perwakilan dari Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia (PPIM). Mahasiswa Malaysia memandang serius demontrasi Bendera di depan Kedubes Malaysia di Jakarta. “Aksi tersebut merupakan perbuatan yang memalukan dan memberikan dampak yang besar kepada hubungan dua negara yang akrab dan terjalin selama ini,” kata Presiden Majelis Perwakilan Mahasiswa Universitas Teknologi Malaysia (MPM UTM) Johor Bahru, Muhammad Zaki, didampingi Ketua PPIM (Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia) Muhammad Hamidi.

“Kami menuntut agar Indonesia mengambil tindakan tegas kepada pengunjuk rasa yang tidak menghormati jalinan persahabatan yang berharga dalam era globalisasi ini. Persaudaraan yang terjalin sejak sekian lama dicemari dengan perbuatan yang tidak beretika dan bertentangan dengan semangat setia kawan dan Asean,” katanya melanjutkan.

Sementara itu, Ketua Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM) Muhammad Hamidi menyesalkan aksi massa yang dilakukan segelintir orang di Kedutaan Malaysia di Jakarta yang tidak mencerminkan nilai-nilai dan jati diri Bangsa Indonesia dan meminta kepada Pemerintah Indonesia segera mengambil tindakan.

“Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia meminta kepada seluruh media Indonesia agar lebih profesional (tidak sepihak) dalam menyampaikan laporan yang berkaitan dengan hubungan baik Indonesia-Malaysia untuk menjaga serta menghindari keretakan hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia,” kata Hamidi, mahasiswa S2 di Universitas Malaya.[] Adi