HMINEWS.COM

 Breaking News

Tanda-tanda Kamu Kecanduan Facebook

August 23
15:44 2010

Tanda-tanda Kamu Kecanduan Facebook

HMINEWS.COM- Sejak diluncurkan 4 Februari 2004, situs jejaring sosial facebook telah memikat jutaan hati penggunanya. Mulai siswa sekolah, ibu rumah tangga, selebriti, hingga politisi, kini memiliki jejaring sosial facebook. Berkat kemajuan teknologi, kini kita pun dapat memperbarui status faceb…ook dan mengomentari foto setiap saat. Rasanya, kini ada yang kurang bila setiap hari tidak masuk ke situs ini dan melakukan aktivitas “facebook-ing”.

Manfaat facebook memang tak cuma untuk pergaulan, tapi juga sarana komunikasi, mencari pekerjaan, hingga kampanye. Sayangnya kesibukan mengutak-atik facebook membuat banyak orang kini lebih banyak menghabiskan waktu ketimbang bekerja. Tak heran bila banyak perusahaan yang mulai menerapkan kebijakan mengeblok situs ini di kantor. Sebuah penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara facebook dengan meningkatnya angka perceraian di Inggris dan Australia.

Nah, apakah Anda termasuk dalam orang yang hidupnya mulai dikendalikan facebook? Simak tanda-tanda berikut ini:

1. Menjadikan facebook sebagai homepage dalam browser komputer dan laptop kamu, supaya bisa langsung buka facebook secara otomatis pas kamu menghidupkan browser. Otomatis kan..?

2. Update status facebook minimal 3x sehari pagi, siang dan malam dewasa @2kapsul, anak2 @1kapsul. Lha, ini kecanduan facebook apa minum obat yah..?

3. Rajin mengomentari status teman kamu. Dengan tujuan mereka balik berkomentar di status kamu tentunya. Jiah, ngga tulus nih komentarnya! Ada udang dibalik jadi kebalik..!

4. Memiliki lebih dari 500 temen di facebook. Yang kurang dari 500 ngga termasuk facebook mania alias facebookaholicks alias facebookers sejati alias apa lah terserah..!

5. Menyebarkan alamat email yang sekaligus alamat facebook kamu di setiap tempat dan setiap kesempatan baik online mau pun offline. Contohnya nyebarin alamat facebook di uang kertas pecahan dua ribuan dengan tulisan “Ett my facebook key..? <spasi> alamatemailkamu@fesbuk.com”.

6. Tempat tempat yang jadi sarang nyebarin alamat email kamu antara lain: WC umum, pohon pohon pinggir jalan, tembok terminal, pintu depan-belakang angkutan umum (mikrolet, bis, angkot, kereta api, pesawat terbang, kapal laut,dll).

7. Saat kamu membeli handphone, fitur utama yang harus ada di handphone itu adalah aplikasi facebook dan Opera Mini.

8. Setiap kenalan dengan orang baru setelah mendapatkan nomor HP yang ditanyakan selanjutnya adalah akun facebook. “punya facebook ngga..?” Emangnya facebook punya bapak moyangmu apa..?

9. Semakin rajin melihat profile temen temen facebook kamu. Biar ada bahan buat komentar dan updet status terbaru.

10. Nggak mau ketinggalan upload foto foto narsis. Foto foto alay juga.Punya album foto minimal 3, dan sering banget gonta ganti avatar.

11. Menjadi anggota lebih dari 10an group di facebook. Biar semakin banyak di add jadi punya semakin banyak temen baru dan tentunya semakin terkenal layaknya selebritis.

12. Mulai tertarik untuk bikin grup sendiri dan mengundang orang untuk menjadi anggota alias penggemar.

13. Sering berdagang, eh bergadang sampai ketiduran di depan komputer atau tidur sambil megangin HP dengan aplikasi facebook masih menyala.

14. Sering bangun kesiangan karena tidur terlalu malam. Maklum facebookan ampe jam 3 pagi..!

15. Ironisnya, hal pertama yang kamu lakukan setelah bangun kesiangan mengecek kembali akun facebook kamuyang semalam itu. Kemudian apdet status dengan tulisan “Duuggghhhh.., keciangan agy nieeeechh..!”

16. Situasi yang paling menjengkelkan alias menjengkelkan buat kamu adalah saat listrik mati, sementara baterei hand phone kamu sedang koma alias sekarat. Bentar lagi mokad..! Yah, ngga bisa facebookan deh..!

17. Kamu membaca tulisan ini sambil membuka facebook di tab baru. Itu kemungkinan pertama, kemungkinan ke dua kamu baru saja selesai apdet status dan mengomentari status temen kamu di facebook. Ngaku..!

18. Kamu mulai cengar cengir kaya kuda pengen kencing setelah membaca tulisan nggak penting tapi wajib dibaca ini.

19. Lalu kamu berniat membersihkan wall facebook kamu supaya kelihatannya udah lama ngga buka facebook. Tapi ngga jadi karena kamu keburu baca point yang ke 18 ini.

20. Kamu mulai cengar cengir lagi kaya kuda pengen kencing lagi dan terheran heran juga terpukau pukau kenapa saya bisa baca pikiran kamu.

21. Dan pada akhirnya kamu ngga peduli dengan semua itu. Kamu akan terus berfacebook dan berfacebook ria tanpa mempedulikan apa pun. Kenapa? Hanya ada satu jawaban, “KARENA KAMU SUDAH KECANDUAN FACEBOOK” (SUMBER: http://www.youth.dnaberita.com/14%20februari%202010%20Youth%20News%20Facebook%201.php)

Walau keberadaanya menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, tertapi tetap saja banyak pengguna yang enggan meninggalkannya. Facebook memang seperti dua sisi mata pisau, ada positif dan negatifnya.

Buku: HITAM PUTIH FACEBOOK, akan membuka mata Anda bahwa Facebook harus dilihat dari dua sisi yang berbeda. Hal itu harus disikapi oleh penggunanya secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Melalui buku: HITAM PUTIH FACEBOOK ini, kita akan menemukan berbagai cerita menarik dari facebook yang sangat inspiratif, Kisah dari tukang becak dari Yogya yang memanfaatkan facebook untuk mencari pelanggan. Kisah adik-kakak yang dipertemukan oleh facebook setelah berpisah selama 70 tahun. Juga kisah kesuksesan Barack Obama yang sukses menjadi Presiden AS dengan berkampanye melalui facebook.

Dapatkan buku: HITAM PUTIH FACEBOOK ini hanya dengan harga Rp. 42.800,- di Toko Buku Leksika. Jl. Raya Lenteng Agung No. 101 Jakarta Selatan (Depan Kantor DPP PDIP Jagakarsa). Info dan pesan antar, telp: 021-7806566 (CSO).[] dni

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.