HMINEWS.COM

 Breaking News

Setelah Anies Baswedan, Saiful Mujani…

July 21
09:41 2010

HMINEWS.COM- Setelah Rektor Paramadina Anies Baswedan terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang versi majalah Foresight yang terbit di Jepang, kini giliran Saiful Mujani, Mantan Direktur Eksekutif  Lembaga Survei Indonesia (LSI) menjadi tokoh Dunia yang “setara” dengan Samuel P Hungtinton.

Bersama Dr William Liddle dan Thomas B Pepinsk, Saiful Jami, Mantan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) meraih penghargaan Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award 2010 dari Asosiasi Ilmu Politik Amerika (APSA), dimana penghargaan serupa pernah di raih  Samuel P Hutington.

Seperti di lansir laman LSE, 29 Juni 2010, penghargaan tersbut diberikan berdasarkan pada  paper yang di tulis dan dipresentasikan Saiful pada  pertemuan tahunan yang diadakan oleh APSA, bersama William Liddle (Guru Besar Ohio State University) dan Pepinsky (Guru Besar Cornell University), Saiful menulis makalah setebal 64 halaman tentang  “Testing Islam’s Political Advantage: Evidence from Indonesia” dimana paper tersebut merupakan paper terbaik.

Penganugerahan Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award ini telah dimulai sejak tahun 1964, Samuel Huntington, Sidney Tarrow, Michael Wallerstein, dan Mancur Olson pernah menerima Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award ini.

Penghargaan untuk tahun  ini akan diserahkan pada acara APSA Awards Luncheon and Ceremony Kamis, 2 September 2010 di Washington DDC, Amerika Serikat, kalau tidak halangan Saiful akan menghadiri acara tersebut untuk mengambil hadiah serta sertifikat.

Saiful bersama dua peneliti lainnya, menyimpulkan dalam paper tersebut  ada faktor di luar ekonomi yang juga mendasari perkembangan partai Islam di Indonesia. Saiful membandingkan studi ini dengan sejumlah partai di negara-negara Islam lain.

“Penemuan kami menantang baik pandangan reduksionis yang melihat platform Islam tak berperan apapun, dan pandangan esensialis yang melihat platform Islam selalu berperan menjelaskan dukungan,”  petikan makalah Saiful. (hmd)

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.