HMINEWS.COM- Terkait dengan reformasi di tubuh TNI, presiden SBY dan Menhan Amerika Serikat melakukan pertemuan  tertutup di kantor kementerian Pertahanan Kamis (22/7/10) di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut tentunya banyak hal yang di bicarakan, usai pertemuan tertutup selama 30 menit, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan bahwa Amerika Serikat siap untuk menormalisasi kembali hubungan Amerika dengan Indonesia terkait dengan pasukan elit Kopassus yang sempat merenggang sejak reformasi 1998.

Satu hal yang membuat Amerika Serikat melunak terkait persoalan Kopassus adalah karena pemerintah sudah menjalankan reformasi internal di tubuh baret hijau tersebut. Presiden SBY sendiri sebagaimana yang di katakan Purnomo adalah salah satu Perwira Tinggi TNI yang terlibat langsung dalam menyusun blue prient Reformasi TNI.

Selain itu, Presiden SBY berjanji akan terus melakukan pengawalan terhadap reformasi internal di institusi TNI,  Presiden juga bertanggung jawab terhadap jalannya reformasi di internal TNI karena Presiden SBY yang menyusun konsep tentang Reformasi TNI, ini merupakan suatu ucapan yang luar biasa karena di ucapakan langsung oleh Presiden SBY di hadapan Menhan AS, jelas Purnomo.

Indonesia  kini mulai mendapatkan kepercayaan yang cukup besar dalam forum-forum menteri pertahanan di berbagai kawasan di dunia,  kedepan Indonesia  akan menjadi chairman dalam East Asian Summit yang akan digelar di Hanoi, Vietnam, dimana Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates akan hadir, kata Purnomo. [] dni