Jakarta, HMINEWS- Oktober 2010 masa jabatan Kapolri Bambang Hendarso Danuri (BHD) segera berakhir,  Komjen Nanan Sukarna salah satu calon Kapolri dari enam nama yang diusulkan Fraksi PDI  P.

Menurut Ketua Fraksi DPR PDIP, Tjhajo Kumolo  kepada detik.com (4/7/10) di Jakarta, Presiden harus mempertimbangkan keenam nama calon Kapolri yaitu, Komjen Nanan Soekarna, Komjen Ito Sumardi Komjen Gories Mere, Irjen Oegroseno, dan Irjen Timur Pradopo.

Calon Kapolri kedepan haruslah orang yang bersih, Tidak Sombong, Netral serta reformis, internal Polri harus melakukan seleksi yang ketat berupa Fit and propert test sebelum nama-nama tersebut sampai keistana, presiden diminta untuk mengajukan Calon Kapolri  yang benar-benar bersih ke DPR, ujar Tjahjo.

Fraksi PDI P menolak menggunakan  Mekanisme Voting dalam menentukan calon kapolri kedepan, oleh karenanya presiden diminta untuk berhati-hati dalam mengajukan nama Calon Kapolri ke DPR, selain itu F PDIP juga mengusulkan jabatan kapolri harus 2-3 tahun saja, kata Tjahjo.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI menyebutkan Calon Kapolri adalah Perwira Tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karir (pasal 11 (6).  Semua kembali pada selera SBY dalam menentukan Calon Kapolri ke depan. (dni)