Yogyakarta, HMINEWS- Setelah mengalami perdebatan yang cukup alot dan penuh kekeluargaan, dari 13 nama anggota Formaturiat akhirnya sepakat secara aklamasi memilih Din Syamsuddin untuk kedua kalinya memimpin Muhammadiyah periode 2010-2015.

Hal itu diputuskan dalam rapat tertutup anggota tim Formaturiat, di Gedung Sportorium, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (7/8/2010).

Menurut Ketua Panitia Pemilihan, Rosyad Asad, walaupun rapat berjalan dengan alot serta tarik menarik, tetapi keputusan diambil secara aklamasi oleh 13 tim Formaturiat. Kebetulan pada pemilihan kemarin Din Syamsuddin memperoleh suara terbanyak, 13 tim formaturiat juga memilih Din Syamsudin sebagai ketua Muhammadiyah untuk kedua kalinya.

Di hadapan seluruh mektamirin, Asad mengatakan, meskipun suasana  pemilihan berjalan tegang, tetapi tetap aja berjalan dengan hikmat, sejuk dan penuh kekeluaragaa, dimana masing-masing anggota memberikan tausyhiyah dari hati ke hati kepada  ketua terpilih, Din Syamsuddin, sehingga tidak ada yang ditutupi.

Agung Danarta yang merupakan  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarat ditunjuk sebagai sekretaris umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendampingin Din Syamsudin lima tahun kedepan, rencana ini malam juga akan dilakukan serah terima jabatan dari Ketua lama kepada ketua terpilih, untuk jabatan 11 nama akan menunggu dulu disyahkannya ketua umum dan sekretaris umum, kata Asad.

Haedar Nasir juga mengatakan kalau Din Syamsuddin terpilih secara aklamasi, semua tim formaturiat legawa atas terpilihnya kembali Din Syamsuddin. (dni)