Yogyakarta, HMINEWS,- M. Busyro Muqoddas, S.H, M.Hum lahir di Yogyakata 57 tahun yang lalu, Jabatan sekarang ketua merangkap anggota Komisi Yudisial periode 2005-2010.

M. Busyro Muqoddas lulus Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tahun 1977. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. M.

Busyro Muqoddas mengawali karier di bidang hukum pada tahun 1983 sebagai Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (1986-1988), dilanjutkan sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia hingga tahun 1990. Gelar Magister Hukum diperoleh dari Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada tahun 1995. Pada tahun 1995-1998 ia menjabat sebagai Ketua Pusdiklat dan LKBH Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Dari 144 calon yang lulus seleksi tahap I, Busyro Muqoddas salah satunya, berbekal pengalaman menjadi Ketua Komisi Yudisial pertama, Busyro dianggap berhasil dalam memimpin Komisi Yudisial.

Berangkat dari  niat yang tulus, Busyro memberanikan diri melangkahkan kakinya untuk mengikuti seleksi Pimpinan KPK, baginya siapapun yang terpilih menjadi Ketua KPK diharapkan memang benar-benar mengabdikan dirinya untuk melakukan pemberantasan korupsi, orang itu harus mempunyai niat serta mewakafkan dirinya untuk melawan korupsi di negeri ini, tanpa pandang bulu.

Semua orang di negeri ini sangat mengetahui peta korupsi negeri ini, dan siapapun dia yang terpilih menjadi pimpinan KPK kedepan, orang tersebut harus bekerja ikhlas, harus memiliki niat yang kuat serta motivasi yang tinggi untuk mewakafkan dirinya dalam agenda besar bangsa ini melawan korupsi secara sistemik, ujar Busyro di Yogayakarta Rabu (7/7/10).

Sebenarnya tidak ada yang berbeda antara Komisi Yudisial dengan KPK, dua-duanya memiliki agenda yang sama yaitu melakukan pemberantasan korupsi, jadi nggak ada persiapan khusus untuk mempersiapkan diri menjadi calon ketua KPK.

Menurut Busyro, Apa yang selama ini saya kerjakan di Komisi Yudisial adalah gerakan-gerakan untuk melakukan pemberantasan korupsi, di negeri ini, korupsi sangat sistemik, sehingga diupayakan perlawanan  yang  sistemik, kompetitif,  struktural dan masif, tidak hanya melibatkan negara tapi juga harus ada dukungan dari masyarakat.

Busyro siap untuk meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Komisi YudisiaL, jika dirinya dipercaya dan dipilih menjadi Pimpinan KPK, semoga. (dni)