HMINEWS- Akhirnya dari 145 yang  lulus seleksi tahap pertama, Panitia Seleksi Calon Pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) menentukan 12 nama bakal calon lolos seleksi tahap dua.

Adapun ke-12 nama peserta yang lolos seleksi tahap kedua ini adalah, 1.  Ade Saptomo; 2. Aji Sularso, Dr. Ir. MME (mantan pegawai BPK); 3. Bambang Widjojanto (advokat); 4. Chairul Rasyid (Irjen Pol Purn); 5. Fachmi, Dr. SH (Jaksa aktif di Kejagung); 6. Firman Zai; 7. Fredrich Yunadi JD; 8. I Wayan Sudirta; 9. Jimly Asshiddiqie; 10.  Juninon Jahja; 11.  Meli Darsa; 12.  Muhammad Busjro Muqoddas (Ketua Komisi Yudisial).

Peserta yang lolos di tahap kedua ini akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni profile assessment yang akan digelar pada Rabu pekan depan,” ungkap Ketua Pansel, Patrialis Akbar, di Ruang Soepomo Gedung Kemenkum HAM, Jakarta, Hari ini Sabtu (31/7).

“Alhamdulillah, dari daftarnya bagus…. ada nama Mas Bambang (Bambang Widjojanto-red)” kata Ridaya Laode Ngkowe tokoh LSM yang juga mantan ketua senat UGM masa reformasi.

Memang dari daftar 12 nama yang tersebut terlihat nama-nama orang yang punya kredibilitas dalam pemberantasan hukum di Indonesia. Selain Bambang, nama lain diantaranya adalah Muhammad Busjro Muqoddas (Ketua Komisi Yudisial). Lulusan fakultas hukum UII Yogyakarta tersebut juga dikenal pendiam tetapi cukup dikenal oleh para pendekar hukum di Indonesia.

“Semoga siapapun yang terpilih menjadi ketua KPK nantinya bukan mantan bandit, bukan oportunis, dan bukan pula pesanan dari Istana”, ujar Ayib Rudi dari Bright Institute Jakarta.