Serang, HMINEWS.COM-  Kenaikan listrik oleh PLN tak terlalu besar jadi tak berpengaruh besar, itulah kalimat yg dilontarkan SBY ketika menanggapi kenaikan tarif dasar listrik yg ditentang oleh APINDO dan sebagian masyarakat kita.

Disaat masyarakat sedang kesusahan dengan harga bahan pokok, pemerintah malah menaikan harga tarif dasar listrik yang menjadi kebutuhan pokok saat ini 15%-30%. walaupun hal ini hanya berlaku bagi pengguna 1300W keatas namun konsumen golongan industri, rumah tangga maupun sosial sangat keberatan dengan ini.

Menurut Akied Mubarok, kenaikan ongkos produksi yang harus dikeluarkan oleh indusri kecil hingga besar, mau tidak mau akan berimbas dengan hal seperti  pengurangan tenaga kerja, pengurangan produksi, bahkan gulung tikar apabila ongkos produksinya lebih besar dari volume penjualan, apabila kenaikan ini menyebabkan masyarakat akan sangat berhemat untuk membeli sesuatu karena harga listrik yang mahal, biasanya apabila harga sudah naik maka akan sulit untuk turun.

“Kami hanya mengikuti perintah pemerintah” kata orang2 PLN, ini jawaban-jawaban menyesatkan  yang dilakukan oleh pemerintah kita dan BUMNnya, kenaikan TDL ini karena pasokan bahan bakar primer untuk pembangkit PLN saat ini masih didominasi oleh bahan bakar minyak (BBM) yang mengikuti pasar. tidak adanya tindakan bahkan keinginan seperti pemanfaatan seperti BIOenergi, Nuklir, panas matahari ,dll. dengan penghitungan akan sangat ekonomis, maupun penggunaan alat-alat yang diciptakan anak bangsa ini yang dapat menghemat penggunaan BBM 20-40%. Ujar Kder HMI Cabang Serang

Tak usah kita bayangkan menggunakan tenaga nuklir atau matahari yang dianggap mahal, pemanfaatan BIOenergi saja akan menciptakan mutualisme dengan masyarakat. contoh: pemanfatan minyak jarak, jika masyarakat kita diajak untuk menanam dan diberi alat pemeras buah jarak dan diberi harga yang sesuai, maka tak perlu lg PLN membeli dan memusingkan BBM. tanpa menaikan hargapun mereka sudah untung dan masyarakat tak perlu meringis bekerja, umpamanya. apalagi jika mau menambah pemanfaatan energi lain, tambah Akied

Jika tak ada keinginan untuk lebih baik, maka cabut saja hak monopoli PLN dalam mengelola listrik. toh hal tersebut terbukti berhasil dibanyak sektor,  hingga mereka harus berpikir keras untuk tak merugi, dan masyarakat tak dirugikan, Lambat atau Bodoh kata yang pas untuk pemerintah ini, Akied (Am)