http://foto.detik.com/images/content/2010/07/21/464/rek1.jpg
Prosesi penganugerahan ini diberikan oleh Sir Nigel Rudd, Chancelor Universitas Loughborough, dihadapan para Guru Besar dan sekitar 2000 lulusan baru universitas tersebut

HMINEWS.COM – Rektor Universitas Indonesia (UI), Gumilar Soemantri menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang science dari Universitas Loughborough, Inggris, Selasa (20/7). Ia menerima penghargaan karena dianggap berhasil membangun reputasi UI di dunia internasional melalui bidang kerjasama penelitian.

”Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi tidak hanya bagi UI, tetapi bagi masyarakat Indonesia, khususnya pemerintah Republik Indonesia,” ujar Gumilar yang merupakan Rektor termuda UI ini.

Pemerintah, kata Gumilar, terus mendorong perguruan tinggi di Tanah Air untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan riset yang kelak mampu mengulang sejarah bangsa ini menghasilkan karya akademik, seperti penghargaan Nobel, yang bermanfaat luas bagi kehidupan masyarakat dunia. Univesitas Loughborough merupakan salah satu universitas di dunia dengan reputasi internasional.

Universitas ini selama empat tahun berturut-turut, 2006-2009, dinobatkan sebagai universitas terbaik di Inggris untuk kategori ‘The Best Student Experience’. Selain Loughborough, UI juga menjalin kerjasama dengan beragam universitas lain, salah satunya Universitas Oxford.[] Edo