Serangan militer Israel terhadap Kapal Mavi Marmara yang membawa kemanusiaan menuju Gaza, Palestina. pada 31 Mei lalu yang menyebabkan sejumlah rela-wan meninggal dunia dan terluka menjadi bahasan utama dalam pertemuan 12th International Islamic Federation of Student Organizations (IIFSO)  di Jakarta, 5- 7 Juni 2010.

Pertemuan yang dihadiri pelajar dari berbagai perwakilan negara-negara di dunia itu menyatakan akan mengirim kapal Pelajar ke Gaza dalam waktu dekat ini. Seluruh perwakilan negara-negara anggota IIFSO yang berjumlah 53 negara itu akan ikut serta dalam kapal.

IIFSO menyatakan akan memimpin kampanye media yang  menyeluruh dan luas melalui universitas di negara anggota IIFSO dan membentuk jaringan komunikasi untuk menekan kekejaman Israel.  IIFSO juga mendesak mesir untuk membuka pintu a Rafah untuk memudahkan akses bantuan menuju Gaza.

IIFSO (International Islamic Federation of Student Organizations) adalah federasi yang menghimpun organisasi-organisasi Islam seluruh dunia. Didirikan di Aachen, Jerman pada 17 Juni 1969. Saat ini anggotanya ada 67 organisasi dari 53 negara dunia. Misi dari IIFSO adalah membangun jaringan dan kekuatan gerakan pemuda dan pelajar Islam sedunia untuk memajukan umat Islam dunia.  (Muhammad AS)