Penyelenggaraan pertemuan PEPIAT (Perhimpunan Pelajar Islam Asia Tenggara) dibarengkan dengan pertemuan internasional UNIW (Union of NGOs of the Islamic World). Organisasi pelajar Islam Malaysia (PKPIM) sebagai tuan rumah penyelenggaran juga merupakan bagian dari panitia pertemuan UNIW tersebut.

Seluruh delegasi PB HMI sampai di Negara bagian Selangor pada Sabtu malam (22/05/10), disambut dengan acara makan malam bersama yang diikuti oleh seluruh delegasi PEPIAT dan UNIW dari berbagai Negara. Acara makan malam dibuka dengan sambutan dari panitia dan sekjend UNIW, Necmi SADIKOGLO dari Turkey.

Dari Indonesia, selain para utusan HMI, Nampak juga beberap utusan dari PII (Pelajar Islam Indonesia) yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Nasrullah. Selain itu, Soeripto, salah satu pendiri PKS juga terlihat hadir dalam acara santap malam tersebut, meskipun tidak lama kemudian menghilang dari ruangan.

Acara welcoming dinner berlangsung di kampus Daarul Hikmah, sebuah kampus yang didirikan oleh ABIM (Angkatan Belia Islam Malaysia) yang terletak di kawasan Kajang, Negara bagian Selangor. Selesai acara, sekitar pukul 22.30 waktu setempat, peserta PEPIAT diantar ke tempat penginapan  di komplek perumahan pejabat Kerajaan Selangor, dikawasan Sha Alam, Selangor.

Sebagai informasi, kawasan perumahan pejabat Negara di Shah Alam semula adalah perumahan yang dihuni oleh para elit pejabat Negara, namun seiring dengan kemanangan partai pendukung Anwar Ibrahim di Negara bagian Selangor, komplek hunian mewah tersebut tidak lagi diperuntukkan bagi pejabat, melainkan disewakan untuk aktivitas kepemudaan dan kemahasiswaan. “Saat ini para pejabat Negara dianjurkan tinggal di rumahnya masing-masing, untuk menghemat anggaran; kini perumahan ini disewakan”, demikian keterangan salah satu panitia kepada pbhmiNET. <lara>