Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikabarkan bakal mengundurkan dari jabatan Menteri Keuangan.  Pengunduran dirinya ini bukan lantaran soal kasus Century , Sri Mulyani menerima tawaran menjadi penasihat top bagi Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick.

Kabar penerimaan tawaran Bank Dunia ini dibenarkan Sri Mulyani . “Berita itu benar dan saat ini saya masih akan terus bergantung kepada keputusan Presiden,” kata Sri Mulyani di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu 5 Mei 2010.
Meski dikuyo-kuyo di dalam negeri karena dituduh menyalahgunakan kekuasaan terkait dengan bail out PT bank century Tbk senilai Rp 6,7 triliun pada 2008, dimata Zoellick, Sri Mulyani dipandang sebagai pejabat yang menunjukkan prestasi yang luar biasa. “Dia telah menjadi Menteri Keuangan yang luar biasa dengan pengetahuannya yang mendalam atas isu-isu pembangunan dan peran Grup Bank Dunia,” kata Zoellick.

Sri Mulyani dianggap mampu memimpin kebijakan ekonomi  Indonesia.  “Ia berhasil menavigasi ekonomi RI di tengah-tengah krisis ekonomi global, menerapkan reformasi kunci, serta mendapatkan rasa hormat dari rekan-rekannya di seluruh dunia,” kata Bank Dunia dalam pernyataannya, yang dirilis 4 Mei 2010.

Sri Mulyani akan mulai menjabat sebagai managing director Bank Dunia per 1 Juni 2010 seperti dirilis resmi di laman Bank Dunia. Dia akan menjadi salah satu dari tiga direktur pelaksana, jabatan tertinggi di bawah Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick.

Ditempat barunya ini, mantan ekonom Universitas Indonesia itu akan mengawasi program-program Bank Dunia di tiga kawasan, yaitu Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah dan Afrika Utara, serta Asia Timur dan Pasifik. “Dia juga akan mengawasi kinerja Grup Sistem Informasi,” demikian pernyataan Bank Dunia.

“Sebagai anggota Tim Senior, dia akan memainkan peran penting dalam membawa Bank Dunia,”  kata Zoellick.