Universitas Indonesia (UI) masuk jajaran elit enam besar di Asia Tenggara dan menempati peringkat 50 perguruan tinggi terbaik di Asia.

“Peringkat ini berdasarkan penilaian yang dikeluarkan Asian University Rankings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia pada tanggal 13 Mei 2010,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Minggu.

Ia mengatakan sebagai universitas terbaik di negeri ini, UI menggungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia, seperti National Taiwan University of Science and Technology (56), University Kebangsaan Malaysia (58), dan Tokyo Metropolitan University (64).

“Indonesia patut berbangga karena lima perguruan tinggi terbaiknya masuk dalam kriteria penilaian,” katanya.

Universitas Gajah Mada (UGM) menduduki peringkat 85, Universitas Airlangga (Unair) pada peringkat 109, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada peringkat 113, dan Intitut Pertanian Bogor (IPB) pada peringkat 119.

Lebih lanjut ia mengatakan penilaian pemeringkatan ini berdasarkan empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation.

Untuk ranking per-subject, kata Vishnu hasil yang diperoleh UI adalah sebagai berikut; bidang Arts and Humanities (peringkat 18), Life Sciences & Biomedicine (27), Natural Sciences (44), Social Sciences (23), IT & Engineering (50).

Dikatakannya upaya pencapaian standar internasional didukung pula dengan sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di ajang Internasional, diantaranya adalah mahasiswa FKG UI yang menjadi Juara I Scientific Research Competition dalam The Asia Pacific Dental Students Association (APDSA).

Mahasiswa FH UI berhasil menjadi 1st Runner Up International Maritime Law Arbitration Moot in Brisbane.

Selain itu, UI meraih sertifikasi International Organizations for Standarization (ISO) 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu (QSM).

Ia mengatakan sesuai dengan visi UI untuk menjadi universitas riset kelas dunia, secara akademik UI terus meningkatkan kualitasnya dalam bidang riset dan pengajaran. .

Selama 2009, lanjut dia Sivitas Akademika UI telah menghasilkan 1.005 riset dan sebanyak 10.050 telah dipublikasikan dalam jurnal bertaraf Regional dan Internasional.

Hasil ini menempatkan UI bertahan pada posisi yang sama seperti tahun lalu yaitu peringkat 50 di Asia.

“UI terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik yang dimilikinya sebagai Universitas Riset Kelas Dunia,” katanya.[]