HMINEWS.COM

 Breaking News

Andakah Pemuda Pelopor 2010?

March 13
08:45 2010

Kemenpora akan menggelar kembali pemilihan Pemuda Pelopor tahun 2010. Diharapkan pemilihan kali  ini lebih selektif dan transparan dari sebelumnya, sehingga didapatkan Pemuda Pelopor yang betul-betul sesuai keinginan bersama, kata  Deputi II Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda, M. Budi Setiawan, Jumat (5/3) sore, di kantor Kemenpora, Jakarta, saat memimpin rapat persiapan pemilihan Pemuda Pelopor.

“Kalau perlu kita akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, agar betul-betul didapatkan hasil yang baik. Menurut Budi Setiawan, tujuan program Pemuda Pelopor ini untuk  mengapreasi keberadaan pemuda Indonesia yang memiliki peran strategis sebagai pelopor dalam bidang pembangunan sosial kemasyarakatan, dan memiliki potensi memberikan motivasi dan inspirasi kepada masyarakat. ”Untuk itu pemerintah terus mendorong untuk mewujudkan pemuda yang memiliki kemampuan menjadi pelopor,” kata Budi Setiawan.

Sementara itu, peraih Pemuda Pelopor tahun 1991 Huala Siregar mendefinisikan pemuda pelopor sebenarnya manusia merdeka, berkarya tanpa pamrih. Karya atau tindakan yang mereka lakukan itu datangnya dari Yang Maha Kuasa. “Mereka melakukan semua itu tanpa berharap sesuatu. Jadi mari kita betul-betul menyeleksi sehingga kita menemukan pemuda merdeka dan berkarya tanpa pamrih,” ujarnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menpora Lalu Wildan mengusulkan , agar penilaian Pemuda Pelopor tidak hanya dibatasi pada 4 bidang saja masing-masing kewirausahaan, pendidikan, teknologi tepat guna serta seni budaya dan pariwisata), karena saat ini ada perubahan-perubahan permasalahan di masyarakat dibanding tahun-tahun sbelumnya. ”Misalnya saya mengusulkan ada pelopor bidang perubahan iklim, pertanian, informasi teknologi atau pemuda relawan bencana,” katanya. (win/rif)

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.