HMINEWS.COM

 Breaking News

Independensi BI Masih Setengah Hati

February 11
20:33 2010

Menjadikan Bank Sentral sebagai lembaga negara yang independen secara penuh masih sangat sulit untuk diwujudkan. Bank Sentral masih belum bisa melepaskan diri dari intervensi politik pemerintah. Demikianlah kesimpulan seminar tentang ‘Membangun Peran Masyarakat Dalam Menjawab Tantangan Independensi Bank Sentral’ di Jakarta, Kamis (11/2), yang diadakan oleh RISE Indonesia bekerjasama dengan CCL.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar adalah Dian E. Rae dari Bank Indonesia, Peneliti Senior Politik LIPI, Ikrar Nusa Bhakti, Ketua Masyarakat Profesional Madani, Ismet Hasan Putro dan Direktur LKBN Antara, Ahmad Mukhlis Yusuf.

Menurut Dian E. Rae, Bank Indonesia tidak seperti Mahmakah Agung atau Mahkamah Konstitusi yang langsung di atur oleh UUD 1945. “Dalam konstitusi kita disebutkan bahwa, Bank Indonesia di atur oleh Undang-undang, sementara undang-undang adalah produk politik DPR”. Demikian komentarnya ketika menanggapi pertanyaan salah satu peserta seminar.

Hal senada juga disampaikan oleh peneliti senior LIPI, Ikrar Nusa Bhakti. Menurutnya mengatakan bahwa undang-undang yang mengatur pengangkatan dewan gubernur BI membuka pintu untuk intervensi politik. Pengangkatan dewan gubernur BI oleh DPR telah menghilangkan independensi BI.

“Bukan mustahil Presiden dan DPR bisa melakukan intervensi terhadap BI. Apalagi sekarang intervensinya sangat kasat mata. Pemilihan gubernur, dewan gubernur, dan deputi senior BI adalah pengaruh kepentingan politik,” kata Ikrar.

Sementara itu, Ketua masyarakat Profesional Madani, Ismet Hasan Putro, menilai kasus Bank Century dapat mengikis kepercayaan publik kepada Bank Indonesia. Oleh karena itu menurutnya, pemerintah harus serius dalam membongkar kasus Bank Century. (Sunardi)

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.