Sekitar 30 pengunjuk rasa berhasil menyusup masuk ke Gedung DPR. Mereka menggelar aksi di lobi kantor pimpinan dewan di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta.

Pengunjuk rasa yang terdiri dari sejumlah elemen masyarakat itu menuntut keseriusan dewan menyelesaian pengusutan skandal Bank Century melalui penggunaan angket. “Tolak penumpang gelap dalam pansus Century,” kata salah satu pengunjuk rasa, Masinton Pasaribu, Jumat, 4 Desember 2009.

Sambil membentangkan spanduk bertuliskan ‘Tolak Penumpang Gelap’, para pengunjuk rasa juga menolak pencalonan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, sebagai ketua panitia khusus angket Bank Century.

Entah bagaimana para pengunjuk rasa berhasil masuk dan menggelar aksi di lobi Gedung Nusantara III. Mereka diduga masuk ke gedung dewan satu per satu untuk mengelabui petugas keamanan dalam. Meski demikian, aksi berlangsung tertib. Petugas keamanan juga tak berupaya membubarkan aksi.

Tampak dalam aksi sejumlah aktivis muda dari Jaringan Kemandirian Nasional, Lingkar Madani (Lima), dan HMI MPO.

Sebanyak 30 nama anggota panitia khusus angket Bank Century telah disahkan dalam rapat paripurna dewan hari ini. Selanjutnya, mereka akan menggelar rapat perdana untuk menentukan ketua pansus. (VIVAnews)