HMI MPO berpotensi menjadi leader gerakan mahasiswa untuk mengawasi kinerja rezim SBY-Boediono. Ditengah rapuhnya pergerakan mahasiswa yang mulai terpedaya dengan politik pemerintah,  HMI MPO  menjadi  satu-satunya kekuatan besar gerakan mahasiswa yang berani secara tegas  menyuarakan keinginan rakyat dengan semangat independesi yang mulai ditinggalkan oleh gerakan lain.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PB HMI-MPO, M.Chozin Amirullah dalam diskusi ” Menakar HMI Pasca Pilpres”, Sabtu (10/10) di Jakarta.

“Kita bertanggung jawab untuk menyuarakan kepentingan rakyat dengan mengontrol, mengawasi dan mengkritisi  segala kebijakan pemerintah”, kata Chozin.

Menurut Chozin, kepemimpinan SBY lima tahun kedepan akan  menjadi sangat otoriter dan menakutkan. Turut campurnya SBY dalam upaya melemahkan KPK merupakan salah satu dari sekian drama politik yang diskenariokan SBY untuk menguasai bangsa ini.

“Saya tidak dapat membayangkan nasib bangsa ini, kita tinggal menunggu saja kejuta-kejutan yang akan dipersembahkan SBY.”

Chozin menghimbau kepada kader HMI diseluruh Indonesia menyatukan barisan untuk menyarakan kepentingan rakyat dengan mengkritisi segala kebijakan pemerintah yang mencederai demokrasi. (Rita Z)