Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Ciputat menggelar aksi penggalangan dana bantuan bagi korban gempa Tasikmalaya di Jawa Barat.

“Aksi ini merupakan bentuk dukungan yang kami berikan kepada para korban gempa bumi di Jawa Barat,” kata Ketua KAMMI Ciputat M Sulaiman, di sela-sela aksi penggalangan dana yang berpusat di depan UIN Jakarta, Sabtu (5/9).

Aksi penggalangan dana itu dilakukan oleh sekitar 20 mahasiswa dan mahasiswi dari KAMMI Ciputat dengan membawa kotak dus bertulisan bantuan gempa di sepanjang kanan kiri sisi jalan Djuanda-Ciputat.

Selain itu, aksi itu juga dilakukan di sejumlah kampus di wilayah Jakarta Selatan, seperti Univeersitas Muhammadyah Jakarta (UMJ), STIBA, LP31, dan BSI.

Menurut rencana, aksi itu akan digelar selama dua hari dengan mengumpulkan donasi dari warga di Jakarta Selatan yang peduli dan memberikan bantuan untuk korban gempa di Tasikmalaya, Jabar.

Sulaiman mengatakan, aksi yang diikuti para kader KAMMI itu dilakukan untuk membangkitkan kepedulian seluruh elemen anak bangsa untuk memberikan dukungan moril maupun materi kepada para korban gempa.

Donasi yang terkumpul, katanya, akan dikirimkan ke KAMMI PUSAT untuk selanjutnya disalurkan kepada korban gempa.

“Kami berharap aksi ini menjadi jembatan yang efektif sebagai penyaluran bantuan. Apalagi dilakukan pada masa bulan ramadhan yang Insya Allah bisa menjadi momentum yang tepat untuk menyatukan kembali masyarakat yang beberapa waktu lalu terkotak-kotak dalam agenda politik pemilihan presiden 2009,” katanya.

Humas KAMMI Ciputat, Maya Iskandar Putri menambahkan, aksi ini diharapkan dapat menggugah hati masyarakat lainnya untuk bersama merasakan penderitaan para korban gempa dan memberikan bantuan untuk para korban gempa teratama yang berada dalam pengungsian.

“Kamipun berharap agar aksi penggalangan dana juga dapat dilakukan bersama oleh elemen masyarakat/kepemudaan lainnya,” kata Maya.(Rita Z)