Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mengisi indahnya bulan suci Ramadhan dengan menyelenggarakan Pesantren Ramadhan Mahasiswa. Acara yang akan digelar pada hari Sabtu-Ahad,6-7 September 2009 ini menggangkat tema “Kupas Tuntas Konsepsi Syariah & Khilafah di Kalangan Generasi Musa Islam”.

Menurut Ahmad Irham, panitia pelaksana, acara ini bertujuan untuk mengembalikan kembali konsep pemikiran syariah dan khilafah dikalangan generasi muda yang belakangan ini mulai terkikis zaman.

“Melalui acara ini kami mencoba menanamkan kembali konsep khilafah Islam yang sesuai dengan syariah”, kata Irham kepada HMINEWS, Senin, (31/8).

Pihak panitia, menurut irham akan berupaya keras untuk mensukseskan acara ini dengan menghadirkan ratusan peserta di 3 Pesantren yang tersebar diwilayah Jakarta secara serentak. Ketiga pesantren yang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan acara ini diantaranya, Pondok Pesantren Attaibin Depok (Pesantron Anton Medan), Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi (Pesantren Terbesar di Bekasi) dan Pondok Pesantren Taqwa Nandzar Sawah Baru Ciputat, Jakarta.

Irham juga mengatakan, pihak panitia telah menyiapkan beberapa materi terkait dengan upaya membangun wawawasan Islam generasi muda. Diantanya Bincang Bareng Daris (Da’i Mantan Artis), Perjalanan Spritual Seorang Mualaf, Nonton Bareng Film Dunia Islam, Muhasabah Ramadhan, Training Motivasi, Kupas Tuntas Ideologi Islam, Kupas Tuntas Sistem Ekonomi Islam, Kupas Tuntas Politik dan Pemerintahan (Khilafah Rasyidah), hingga Metode Perubahan Masyarakat dan Peran Mahasiswa.