Memperingati hari kemerdekaan RI ke-64, puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) UIN Jakarta melakukan aksi membagikan bunga dan selebaran kepada pemakai jalan di depan Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta , Senin (17/8/2009).

Lewat selebaran tersebut para mahasiswa menyerukan kepada pemakai jalan bahwa Indonesia memang sudah merdeka. Namun Indonesia masih terbelenggu dalam penjajahan sistem kapitalis Barat. “Secara de facto kita memang sudah merdeka, tetapi kenyataannya tidak demikian, ujar Ketua panitia pelaksana, Ahmad Furqan kepada Hminews, Senin (17/8/2009).

Menurut Ahmad, Indonesia memang  belum merdeka. Hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya kemiskinan, kelaparan, penggusuran, kekacauan dan ketidakadilan yang terus berkembang di seluruh nusantara. Indonesia, lanjut Arif, memang negara yang kaya akan sumber daya alam, namun di usia ke-64 tahun ini Indonesia belum bisa bangkit dari kemiskinan yang terus menjerat Indonesia dari tahun ke tahun. Itu semua terjadi karena bangsa Indonesia tidak pernah berani untuk melawan kapitalis barat.

Dalam kesempatan itu Ahmad juga menegaskan, bahwa aksi itu merupakan bentuk kepedulian mahasiswa sebagai generasi muda untuk merefresh kembali nilai-nilai perjuangan bangsa untuk mencapai cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa yang belum tercapai.