HMINEWS.COM

 Breaking News

Aksi Damai HMI Cabang Jayapura, Merdeka…!!!

August 21
09:22 2009

HMI Cabang Jayapura, dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 64 Tahun dan Milad HMI Cabang Jayapura ke 6 Tahun, melakukan Aksi Damai dengan membagikan bendera mini Merah Putih dan selebaran kepada pemakai jalan di Pertigaan Entop Jayapura (Senin, 17 Agustus 2009). Aksi tersebut dilaksanakan saat selesainya Upacara Kemerdekan RI ke 64 Tahun yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Papua.

Aksi damai, dengan tema I Love You Full Indonesian. Agenda aksi ini sangat penting bagi Kader-kader HMI, bahwa gejolak di Tanah Papua mulai meruntuhkan semangat Nasionalisme Rakyat Indonesia. Mengapa? Karena disebabkan ketidakberhasilan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mengakomodir kepentingan rakyat dan menjalankan proses pembangunan dengan baik. Terisolasinya warga asli Papua di pedalaman-pedalaman papua, disebabkan oleh adanya keterlambatan pembangunan merupakan suatu dampak yang sangat merugikan. Sedangkan sumber daya alam begitu melimpah ruah di Tanah Papua.

Dalam selebaran yang dibagikan memuat pesan-pesan moril akan rasa kecintaan terhadap bangsa dan Negara ini, dan juga mengingatkan kalangan pejabat daerah, elit-elit politik daerah dan seluruh masyarakat bahwa keberhasilan akan suatu pembangunan itu akan terwujud, jika semua komponen yang berkompeten saling bahu-bahu dalam membangun suatu tatanan masyarakat yang baik, adanya fungsi kontrol dari masyarakat dan keterbukaan pemerintah baik daerah maupun pusat dalam setiap program & kebijakan pembangunan.

Dari tahun ke tahun Negara ini, selalu melaksanakan upacara kemerdekaan. Namun hal itu hanya bagaikan sebuah ritual ibadah kenegaraan. Tapi, kesadaran kemerdekaan hanya sebuah khayalan masyarakat jelata. Ketika ada kesadaran bangsa ini akan lebih baik. Tegas, Mantan PJ. Ketua Umum HMI Cabang Jayapura Periode 2008-2009 dalam orasinya. Dalam orasinya juga, Anhar, menegaskan bahwa Tanah Papua saat sekarang menjadi sorotan dunia internasional dalam memainkan peran bergaya kapitalis dan sosialis demi kepentingan akan sumber daya alam dan merupakan suatu wilayah strategis dalam membangun armada militer Negara-negara Imperialis. Maka, masyarakat diingatkan (khususnya warga asli papua) agar jangan terprovokasi dengan isu-isu yang dimainkan selama ini. Dan Ingat bahwa Tanah Papua, adalah tanah bersejarah yang damai dengan kasih dan cinta. Dan juga masyarakat Adat telah mengetahui bahwa Tanah Papua memiliki hubungan histories dengan Kesultanan Tidore sebagai wilayah pemerintah pertama di Soa-sio (Sekarang Kota Tidore Kepulauan), dimana Sultan Tidore sebagai Pemimpin yang bijak & arif telah mengkondisikan Tanah ini sebagai tanah yang penuh akan kecintaan dan kedamaian. Pendapat lain, Syamsul Ali Jetro (Kabid Peng. Wil. I HMI Badko Cendrawasih) mengatakan, dengan momentum ini kepada Pemerintah Daerah agar lebih serius dalam mengembangkan Pendidikan di Tanah Papua khususnya dan juga Pemerintah Pusat, jangan hanya menjadikan slogan untuk kepentingan semata. Sangat disayangkan ketika, setiap iklan pendidikan yang di buat departemen pendidikan nasional begitu menghabiskan anggaran, namun realita dilapangan berlaku lain.

Dan juga Ketua Umum HMI Cabang Jayapura (Khairul Anam) menegaskan, bahwa aksi ini merupakan bentuk keterpanggilan mahasiswa sebagai generasi muda akan rasa kecintaannya kepada Ibu Pertiwi Tanah Air Ku Indonesia. (AR7)

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.