Seperti telah diramalkan sebelumnya bahwa pelaksanaan pemilu 2009, pada tanggal 09 April 2009 ini akan mengalami banyak kendala  dan persoalan dilapangan.

Seperti yang terjadi di Desa Kedungwringin, Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas pada TPS 6 dimana untuk kertas suara DPR-RI tertukar dengan kertas suara milik daerah lain yakni sumatera utara. Hal ini jelas mengganggu pelaksanaan pemungutan suara, padahal sebanyak 65 kertas suara telah tercontreng. Terpaksa pihak TPS menghentikan sementara proses pemungutan suara. Akhirnya para pemilih hanya melakukan pemilihan hanya untuk 3 wilayah yakni DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD-RI dan dapat dipastikan pemilihan ulang akan dilakukan setelah pihak KPU mengganti surat suara untuk DPR-RI.

Lain pula cerita yang terjadi di TPS 4 Kelurahan Grendeng, Purwokerto dimana sempat mengulang sebanyak 3 kali penghitungan suara. Hal ini terjadi karena tidak sinkronnya antara pihak pemeriksa kertas suara dengan pihak yang menuliskan di kertas hasil. Warsito ketua TPS setempat berujar “kami merasa sangat kesulitan dengan system pemilu 2009 saat ini, terutama dalam hal penghitungan suara yang menurut kami sangat memakan waktu lama” “perlu ketelitian yang super ekstra untuk hal tersebut, “siki tambah angel mas pemilune (sekarang tambah susah mas pemilunya)” tambah warsito disela-sela kesibukannya menghitung suara sore kemarin. “pemilih rata-rata membutuhkan waktu sebanyak 10-20 menit untuk mencontreng 4 kertas suara tersebut, banyak hal yang mendasarinya diantaranya besarnya kertas suara sehingga pemilih bingung mencari caleg & parpol pilihannya, kedua, hal tersebut tidak diimbangi dengan ukuran bilik suara yang terlampau kecil, belum lagi para lansia yang kebanyakan meminta untuk didampingi saat menggunakan hak suaranya” tambahnya. Tampak warga yang berjejer antusias mengikuti jalannya penghitungan suara berharap jagoaanya memenangkan pertarungan pemilu 2009 ini.

Tercatat 4.187 TPS di 27 Kecamatan di Kabupaten Banyumas. Pemilihan Legislatif di Banyumas menjadi ajang pertarungan 547 caleg untuk memperebutkan 50 kursi DPRD Kabupaten Banyumas, 130 Caleg untuk memperebutkan 10 kursi DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan 139 Caleg Pusat untuk 8 kursi di DPR-RI.

Citra Banch Saldy