Posisi pemilih pemula sangat rentan terhadap upaya politisasi yang dilakukan oleh kekuatan politik tertentu untuk mendongkrak perolehan suara partai politik tertentu. Pendidikan politik bagi mereka diharapkan dapat membentuk kesadaran pemilih pemula agar menjadi pemilih yang kritis pada pemilu 2009 dan pada pemilu-pemilu selanjutnya.

Demikian dikatakan Ketua HMI Cabang Purwokerto Susrobiyanto disela-sela acara Diskusi & Sosialisasi Pemilu 2009 bagi para pemilih pemula yakni siswa/siswi SMA/STM/SMK/SMEA se Purwokerto yang digelar HMI Cabang Purwokerto, Selasa (31/3) kemarin. Acara ini melibatkan puluhan siswa SMA/STM/SMK/SMEA Se-Purwokerto. Hadir sebagai pembicara Anggota KPU Kab.Banyumas Unggul Warsiadi dan Komisi Politik PB HMI Heri Setiawan.

Susrobiyanto mengatakan acara ini bertujuan untuk menempatkan para pemilih pemula pada kerangka pendidikan politik yang lebih mencerdaskan dalam pemilu 2009.

“Selama ini pemuda (pelajar) selalu menjadi objek politik. Mereka hanya dilirik untuk hitungan suara saja, tidak lebih,”katan Rabin, sapaan akrab Susrobiyanto. Oleh karena itu, kata Robin, pendidikan politik bagi para pemilih pemula ini perlu dilakukan agar mereka tidak apatis terhadap perosalan-persoalan politik bangsa serta dinamika perubahan sosial.

Pemilu Bersih

Heri Setiawan mengatakan Pemilu 2009 yang akan segera berlangsung harus bersih dari berbagai kecurangan-kecurangan demi terciptanya perubahan bagi rakyat. Kita jangan tertipu dengan apa yang dijanjikan para caleg, teliti dengan cerdas dan buat kontrak politik dengan mereka” kata Heri.

Kelambanan, pengkhianatan, kebusukan perilaku penguasa yang gagal mengatasi krisis kesejahteraan dan seluruh tuntutan reformasi total selama sebelas tahun kejatuhan kediktatoran Orde Baru, menurut Heri harus segera diakhiiri.

” Karakter perubahan dalam pemilu 2009 ini adalah harga mati bagi HMI-MPO, ” lanjut Heri. Unggul Warsiadi  dari KPU mengatakan siap mengawal proses pemilu agar terhindar dari kecurangan atau politik kotor.

Citra Banch Saldy
(greenpeanutz@gmail.com)