Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Yogyakarta kembali mengelar aksi kecaman serangan israel terhadap palestina, Jumat (02/01). Aksi yang berlangsung dari Jl. Cikditiro dengan jalan kaki kemudian berahir di kantor Pos Pusat Yogjakarta diwarnai hujan deras.

Menurut ketua HMI-MPO Cabang Yogyakarta Puji Hartoyo, dalih penyerangan Israel untuk membasmi teroris dan membalas serangan Hamas untuk bertahan hanyalah simbol belaka karena Israel sendiri sebagai negara sarangnya teroris dunia. ” Sebagai sesama muslim mengecam keras aksi berutal Israel terhadap Palestina,” tutur Puji Hartoyo kemarin di depan masa aksi.

Masa aksi HMI-MPO ini tidak hanya berorasi saja, tetapi juga melakukan pengalangan dana pada penguna jalan dengan membawa kotak kemanusiaan untuk Palestina. Aksi ini di ikuti oleh beberapa Komisariat di antaranya, FE UII, FH UII, FTI UII, UTY, UAD, UIN, UMY. Dan di ikuti juga beberapa Korkom antara lain, UII (Universitas Islam Indonesia) UMY (Universitas Muhamadiyah Yogjakarta), UIN (Universitas Islam Negri).

Koordintator Aksi, Supriyadi mengatakan, Israel sudah amat sangat keterlaluan, mereka mengunakan alasan untuk bertahan karena negaranya di serang oleh Hamas kemudian menyerang negara Palestina dengan membabi buta tanpa meghiraukan warga sipil dan anak-anak banyak mejadi korban.

” Tempat ibadah di hancurkan, sekolah-sekolah dihujani dengan rudal. Lalu mana peran PBB sebagai pemegang keamanan dunia ini, apa yang bisa mereka lakukan?” kata Supriadi Asdar.

Dalam aksi tersebut HMI MPO Jogjakarta mengajak semua warga negara untuk menyisihkan sebagian hartanya melalui rekening penyaluran dana bantuan untuk Palestina di No Rek:9053668599 a.n Dursinah Bank Muamalat Cabang Yogyakarta.

Aksi HMI-MPO Cabang Yogyakarta ini tidak akan berahir sampai disini selama penjajahan Israel terhadap Palestina masih berlangsung. Saat masa aksi HMI-MPO berorasi di perpatan kantor Pos pusat Yogjakarta mereka di ajak aksi gabungan bersama Ormas Islam seluruh Yogyakarta dengan tema yang sama yaitu mengecam keras serangan Israel terhadap Palestina. Aksi ini berahir dengan damai. (M.Ismail)