Jakarta ramai, ratusan kader HMI MPO dan alumni melepas rindu pada acara silaturahmi syawalan di Gedung Darmawanita, Kuningan, Jakarta. Jauhnya perjalanan deri luar kota ke Jakarta tidak membuat Deni, seorang kader dari Purworejo menyesal datang ke acara syawalan HMI MPO. Kesasar bukan masalah, bagi Deni semua itu terbayar dengan suksesnya acara tersebut.

“Acaranya sangat menggiurkan, luar biasa karena saya baru melihat kader dari daerah seperti Jogjakarta, Semarang, Purwokerto dan cabang yang lainya. Mereka ramai-  ramai datang dengan membawa kader yang banyak ada yang 10. 90, sampai 100 orang,”kata Deni. Deni rela tidak tidur, dan mengeluarkan uang pribadinya untuk datang ke acara tersebut.

“Saya dari Purworjo jam 6 sore, sampai stasiun Pasar Senen jan 4 Shubuh, mampir ke PB  terus jam 6 pagi langsung kesini, jadi ga sempet tidur sama sekali,” ujar deni.

Cuaca Jakarta yang mendung disusul gerimis hujan sama sekali tidak mengurangi jumlah tamu. Syawalan HMI MPO. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itu semakin siang semakin ramai. Tamu yang datang semakin bertambah.

Bukan hanya melepas rindu dan kangen, acara itu sangat dimanfaatkan oleh kader maupun alumni untuk berdiskusi tentang berbagai masalah.

Lukman hakim mantan ketua PB HMI MPO, menyebut acara itu sangat bermanfaat dan bagus jika diadakan dua tahun sekali.

Alumni yang hadir dalam acara tersebut cukup memberi semangat untuk kader – kader HMI MPO  dan mengharapkan HMI MPO tetap eksis. ” Saya berharap HMIMPO tetap eksis untuk kedepanya,” kata Lukman.

Namun dalam kemeriahan dan suksesnya acara tersebut masih menyimpan kekecewaan beberapa kader, Deni mengeluhkan kekecewaanya lewat HMINEWS. “Saya senang bisa ketemu teman dan alumni tapi saya kecewa karena harapan saya ada orasi dari presiden dan tokoh – tokoh besar seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,dan Ibu Mega Wati tidak ada,” keluh Deni. “Tapi gak apa-apa lah masih ada orasi dari calon presiden Rizal Ramli dan Tamsil Linrung.” lanjut Deni.

Berbeda dengan Deni, Andika kader Semarang mengaku sangat senang bisa datang ke acara silaturrahmi di Jakarta dengan biaya yang relative murah, karena sebagian biaya disubsidi oleh panitia.

“Saya senang bisa kenal dengan teman baru dari berbagai cabang, apalagi saya bisa  benar – benar ke Jakarta, sebelumnya saya hanya lewat saja saat pulang kampung,” ujar Andika asal jawa Barat ini.

Acara Syawalan  HMI MPO ini berlanjut dengan acara temu kader di Wisma Perternakan Ragunan, Jakarta dan temu alumni HMI MPO di gedung Darmawanita Kuningan, Jakarta. Acara temu kader diisi dengan diskusi PB HMI MPO membahas permasalahan internal antar cabang dan masalah – masalah nasional.

Walaupun terlihat lelah, ratusan kader tetap semangat mengikuti acara tersebut, dengan diselimuti malam yang dingin. Acara baru berakhir pada pukul 01.00 pagi. (Nurul Leily A)