Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)  akan menggelar kongres ke XII, pada 28 Oktober-2 November di Denpasar, Bali. Kongres KNPI ini rencananya akan dibarengkan dengan dengan pelaksanaan Kongres Pemuda Indonesia sebagai bagian dari peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, 63 tahun kemerdekaan RI serta 35 tahun KNPI.

Rabu, (24/9), bertempat di kantor KNPI Jalan Rasuna Said, Jakarta, digelar launching dan silaturahmi pelaksanaan Kongres Pemuda/KNPI keXII yang bertema ‘Satu Pemuda untuk Indonesia. Bangkit, Bersatu, Berdikari’. Launching ditandai dengan pelepasan spanduk yang menutupi baliho Kongres Pemuda/KNPI oleh pejabat ketua umum DPP KNPI, Hans Havlino Silalahi dan pengurus DPP KNPI.

Ketua SC Kongres Pemuda/KNPI ke XII Sayed Mulyadi menyatakan, pelaksanaan Kongres Pemuda/KNPI keXII di Denpasar, Bali merupakan keputusan Musyawarah Pimpinan Paripurna (MPP), di Pekanbaru, Riau, 23-25 Juli kemarin. Sayed menjelaskan, pelaksanaan tahapan-tahapan kongres secara resmi dimulai bersamaan dengan launching yang diadakan.

Panitia secara resmi telah membuka tahap pendaftaran atau registrasi dari organisasi kepemudaan (OKP) dan DPD KNPI yang akan mengikuti kongres. Kepada seluruh pengurus OKP tingkat nasional dan DPD KNPI Provinsi se-Indonesia diminta segera mengirimkan data dan dokumen terbaru mengenai perkembangan terakhir organisasinya. “Untuk verifikasi ini masih ada waktu dua minggu guna menyelesaikan,” ujar Sayed.

Sementara untuk tahap pancalonan ketua DPP KNPI periode 2008-2011, panitia akan membuka pandaftaran 6-13 Oktober mendatang di kantor DPP KNPI. “Kita kasih kesempatan waktu satu minggu bagi mereka yang akan mendaftar sebagai bakal calon ketua DPP KNPI. Mereka yang mau mencalonkan diri harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan,” jelasnya. (Trisno Suhito)