Tambang Emas Terbesar Ada di Papua

HMINEWS.COM- Di Grasberg, Papua merupakan tempat tambang emas terbesar di dunia, mengapa Pemerintah tak pernah mengumunkannya ? konon, nilainya melebihi minyak dan gas bumi.

Papua merupakan tempat, dimana para pemburu emas harus melangkahkan kakinya, Papua menyimpan harta karun tiada nilanya. Adalah kawasan Grasberg, di pedalaman Papua di temukan deposit emas terbesar serta tembaga. Di perkirakan Grasberg mengandung deposit temabaga sebesar 13 Juta dan 40 Juta ounce emas (sekitar 11,320 ton).

Deposit baru emas dan tembaga Grasberg pertama kali ditemukan PT. Freeport Indonesia tahun 1988, Gresberg sendiri terletak sebelah dengan kawasan Erstberg, temapat dimana PT. Freeport Indonesia melakukan kegiatan penambangannya.

Konon di Erstberg, yang sudah sejak tahun 1967 di tambang PT.Freeport Indonesia, emas merupakan produk sampingan setelah tembaga, namun di Grasberg justru tembaga menjadi produk sampingan, emas adalah produk utamanya.

Bagi pemerintah, ini jelas merupakan sumber pendapat yang tidak kecil. Cuma, selama ini kenapa pemerintah terkesan tertutup dalam hal ini, Pemerintah juga tak pernah mengumumkan tentang di temukannya tambang emas terbesar Grasberg. Padahal, kalau dilihat dari nilainya, jelas hal tersebut tak kalah nilainya dengan minyak dan gas. [] ham

Share :

Leave a comment

Your email address will not be published.

*