Bimbingan Bung Karno Selamatkan HMI Dari Pengganyangan PKI

HMINEWS.Com – Pertengahan September 1965, setengah bulan sebelum pemberontakan PKI, mantan Ketua Umum PB HMI Dahlan Ranuwiharjo bersama Waperdam (Wakil Perdana Menteri) Subandrio menghadap Sukarno. Meski hanya beberapa menit, hasilnya sangat penting.

“Ban (Subandrio, red), HMI supaya jalan terus. Adakanlah kursus kader bagi HMI, bicarakanlah dengan Dahlan,” itu saja yang disampaikan Bung Karno, kata Dahlan Ranuwiharjo dalam biografi dirinya terbitan Pimpinan Kolektif Majelis Nasional KAHMI, halaman 35.

Sepulang dari istana, Dahlan ikut mobil Waperdam Subandrio. Waperdam mengatakan, “Lan, daftar anggota-anggota HMI yang mau ikut latihan kader.”

Lalu dijawab oleh Dahlan terserah dengan kesempatan yang diberikan, dia menjanjikan bisa mendatangkan 10.000 anggota HMI.

“Jangan banyak-banyak, kamu ini, ingat biayanya dong,” Subandrio menukas. Kemudian tercapailah kesepakatan 5.000 anggota HMI mengikuti Kursus Kader.

Setelah itu Subandrio yang juga menjabat Wakil Panglima Kotrar (Komando Tertinggi Retoolog Aparat Revolusi) membuat radiogram yang dikirim ke seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai daerah, berisi penegasan Bung Karno bawah ‘HMI Jalan Terus.’ (Fathur)

Share :

Leave a comment

Your email address will not be published.

*