RS Yang Menolak Pasien Akan Dikenai Sanksi

Pasien miskin (foto: Antara)

HMINEWS.Com – Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengancam rumah sakit (RS) yang terbukti menolak dan menelantarkan pasien. Selama pasien datang dengan membawa dokumen dan kelengkapan yang dibutuhkan, tidak ada alasan RS untuk menolak.

Sanksi tersebut berupa teguran satu hingga dua kali dan pencabutan izin operasional rumah sakit bersangkutan. RS yang berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan dijatuhi sanksi oleh Dinas Kesehatan. Sementara RS yang dikelola pemerintah pusat akan mendapatkan sanksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sanksi untuk RS terkait pelayanan kesehatan masyarakat pasti akan kami berlakukan dengan tegas. Jika teguran tidak mempan, bisa sampai ke pencabutan izin,” ujar Nafsiah saat berkunjung ke RSUD Budhi Asih, Jakarta, Jumat (22/2/2013).

Masyarakat bisa melapor ke Dinas Kesehatan jika ada rumah sakit yang tidak sesuai peraturan dalam pelayanannya. Selain itu, ia juga berharap masyarakat menjaga pola kebiasaan hidup sehat agar tidak banyak yang sakit, seperti dengan tidak merokok dan menjaga kebersihan. []

Share :

Leave a comment

Your email address will not be published.

*