Preman Picu Bentrok, Laskar Mensweeping Jalanan Solo Namun Salah Sasaran

HMINEWS.Com – Akibat penganiayaan oleh kelompok preman di Solo, Jawa Tengah, Laskar Amar Makruf mengadakan sweeping. Ratusan orang membawa senjata tajam berkeliling mencari kelompok preman di Jalan RE Martadinata, Gandekan, Solo, Jumat (4/5/2012) siang.

Sweeping tersebut berujung bentrok dengan warga pada pukul 15.00 dan dua orang luka parah, yaitu Ngatiman (63) dan Haris (30). Keduanya menjadi korban karena saat laskar melewati bengkel ada yang melempar iring-iringan dengan botol.

“Mereka mengira dua korban ini yang melempar, karena kedua korban ini dianggap dekat dengan yang melempar botol,” kata Jubir Polresta Solo, Sisraniwati.

Pengeroyokan tersebut mengakibatkan kemarahan warga yang kemudian menyerang balik laskar. “Intinya balas dendam dari kelompok warga. Kemudian, ada motor kelompok itu dibakar,” lanjut Sisraniwati.

Sedangkan dua anggota laskar yang dianiaya pada bentrokan sebelumnya oleh kelompok preman adalah Dodo (40) dan Sandi Nino (23) serta sepeda motor yang ditumpangi keduanya dibakar usai melayat.

Pentolan preman penganiaya anggota laskar adalah Iwan Walet dan Mardi yang kini telah ditahan polisi. “Iwan Walet dan Mardi telah ditetapkan sebagai tersangka. Kami juga telah mengamankan para saksi,” ujar wanita berpangkat AKP tersebut.

Sementara menurut Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in, kedua tersangka merupakan warga Kampung Gandekan, Kecamatan Jebres, Solo yang terlibat langsung dalam bentrok dan melukai dua orang dan membakar sepeda motor.

Satu lagi warga yang terluka korban salah sasaran, yang bukan berasal dari kedua kubu adalah Agus Pamuji (31), dirawat di RSU Moewardi Solo. [viva/solopos/antara]

Share :

Leave a comment

Your email address will not be published.

*