Menuntut Pembubaran Satgas

Satgas Pemberantasan Mafia Hukum

HMINEWS- Keberadaan Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum (Satgas PMH) terus menuai kontroversi. Kali ini tuntutan pembubaran satgas tak hanya datang dari kalangan politisi, tapi sejumlah pengacara pun menuntut hal serupa.

Misalnya saja Henry Yosodingrat, yang pernah menjadi kuasa hukum mantan Kabarekrim Komjen Pol Susno Duadji itu, yang merasa heran atas kinerja Satgas yang dinilai justru memperburuk pemberantasan mafia hukum.

“Saya gak ngerti cara kerja Satgas sekarang, gitu ajah” Kata Henry Yosodiningrat saat ditemui di PN Jaksel, Kamis (2/12/2010).

Senada dengan itu, John Panggabean, kuasa hukum Haposan Hutagalung, secara terang-terangan meminta satgas mafia hukum bentukan Presiden dibubarkan saja.

“Tidak usah tunggu dua tahun, satgas dibubarkan saja,” kata John Panggabean, Kamis (2/12/2010) malam.

John menambahkan, satgas telah menyimpang dari Keppres. “Tidak ada hak untuk menyampaikan kepada publik. Dia hanya berhak menyampaikan kepada empat penegak hukum yaitu polisi, jaksa, KPK dan organisasi
profesi advokat,” ujar dia.

Sebagai kuasa hukum Haposan Hutagalung, John pun keberatan karena Satgas telah memojokkan kliennya. “Keberadaan dan kualitas satgas dipertanyakan. Mereka yang selalu bilang Haposan bagian dari mafia hukum. Bagaimana dia bisa bilang begitu tanpa konfirmasi kepada klien kami, bukti-bukti yang menyebutkan Haposan bagian dari mafia hukum dan menyuap penyidik itu tidak terbukti hingga kini,” kata John.

Satgas, menurut John, hanya mengantarkan persoalan pada penegak hukum bukan membukanya kepada publik. “Itu keppresnya. Tapi,dia hanya bisik-bisik sama penyidik yang di luar berkas yang ada. Tidak ada haknya Satgas untuk menyalahkan orang,” jelas John.[]inil/dni

Share :

Leave a comment

Your email address will not be published.

*