Judicial Review Dikabulkan MK, RSBI Ditiadakan

HMINEWS.Com -Akhirnya Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan judicial review pendirian Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Yaitu Pasal 50 ayat 3 UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjadi dasar pembentukan RSBI dan Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Dengan demikian artinya keberadaan RSBI dan SBI dihapuskan.

“Permohonan beralasan menurut hukum. Mengabulkan permohonan pemohon seluruhnya, bahwa Pasal 50 ayat 3 bertentangan dengan UUD 1945,” kata Ketua MK, Mahfud MD membacakan putusan di gedung MK, Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Berbagai fakta dikemukakan melandasi dikabulkannya judicial review, mulai dari mahalnya biaya sekolah dan perlakuan yang diskriminatif terhadap warga untuk mengakses pendidikan RSBI dan SBI, serta kualitas lulusannya.

Hakim MK mengatakan bahwa pemerintah harus memberi ruang perlakuan khusus bagi mereka yang punya kemampuan khusus, namun bukan dalam bentuk sekolah RSBI/SBI dan non RSBI/SBI. Perlakuan demikian mengakibatkan sekolah-sekolah non RSBI/SBI sangat terbatas, berbeda jauh dari RSBI/SBI yang mendapat fasilitas melimpah.

Para pemohon yang merupakan orangtua murid dan aktivis pendidikan menyambut gembira putusan MK tersebut. Mereka adalah Andi Akbar Fitriyadi, Nadia Masykuria, Milang Tauhida (orangtua murid), Juwono, Lodewijk F Paat, Bambang Wisudo dan Febri Antoni Arif (aktivis pendidikan). []

Share :

Leave a comment

Your email address will not be published.

*