ARKHYTIREMA; Menguak Misteri Peradaban Dunia

Oleh: Wilman Ramdani, Alumni HMIMPO Sekarang Pengamat Pemikiran dan Kebudayaan Islam

HMINEWS – Gambaran manusia sempurna sebagai khalifah Allah Swt di muka bumi mendapatkan tantangan dari teori Darwin yang menyebutkan manusia merupakan turunan langsung dari kera. Entah apa yang mendasari teori ini, namun ilmuwan muslim, Harun Yahya membantah teori Darwin tersebut sebagai penipuan terhadap eksistensialisme manusia sebagai pemimpin di muka bumi.

Antitesis lain menyebutkan bahwa teori Darwin seakan mencabut akar-akar kemanusiaan sehingga terbentuk image atau citra a-historisitas dan diakronisasi eksistensi manusia jaman ADHAMA (red: ADAM) hingga jaman sekarang. Keadaan ini secara langsung mendudukan manusia menjadi mahluk keturunan kera, tidak memiliki intelektual tinggi, dan tentunya berada pada masa kegelapan sejarah manusia. Sedihnya lagi, penggambaran manusia kera ini “dilesakan” dalam struktur pendidikan nasional yang masuk dalam kurikulum-kurikulum sekolah di tanah air.

Berlawanan dengan pengetahuan sekarang yang kerap menghubungkan manusia dengan kera, ternyata sejarah manusia sejak ADHAMA termasuk keturunan-keturunanya hingga jaman NOAH memiliki peradaban yang sangat tinggi. Sebuah peradaban dengan teknologi yang sangat tinggi (hightech) -kalau tidak dikatakan sebuah peradaban nanotech.

Bagaimanakah fenomena kehidupan jaman generasi awal ADHAMA? Bagaimanakah sistem budaya, struktur ideologi, konstruksi pengetahuan, bahkan bagaimana sistem sosial, ekonomi, politik? Apakah sama persis dengan jaman sekarang, ataukah memiliki kekhasan-kekhasan sistem? Bagaimanakah munculnya tulis menulis? Lalu bagaimana sistem agama sejak ADHAMA, apakah ajaran hanifnya sinkron dengan ajaran HAMMADZ (red: Nabi MUHAMMAD SAW)?

Melalui Novel ARKHYTIREMA; edisi kelahiran ini, pertanyaan-pertanyaan di atas dipaparkan secara utuh, realis, dan fenomenal, mulai dari tradisi kelahiran (BHABAR) hingga petualangan ke galaksi lain di jagat raya ini. Secara umum, novel ini terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama  menceritakan sosok ARKHYTIREMA, mulai dari kelahirannya hingga proses pendidikan yang ditempanya. Sedangkan bagian yang kedua menceritakan petualangan ARKHYTIREMA ke galaksi lain dalam mencari manusia pertama ADHAMA.

“Modernnya” Jaman Dulu

Salah satu kebanggan jaman modern sekarang adalah melahirkan di dalam air atau dengan istilah lain water birth. Dalam konsepsi ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang, proses melahirkan dalam kondisi water birth merupakan sarat teknologi  tinggi.

Mungkin anggapan seperti ini tidak sepenuhnya benar, karena pada jaman dulu, di IZLAN LEMURIAN (BENUA LEMURIAN) tradisi water birth sudah pemandangan sehari-hari. Bahkan proses BHABAR (melahirkan) tersebut dilakukan di sebuah MORTAPHRABEENA, yaitu sebuah tempat yang dikondisikan seperti di dalam rahim dengan menggunakan plasenta sintetis yang dihubungkan viva cerobong untuk “memflug in” ilmu pengetahuan dan teknologi (halaman 9).

Praktis, saat kelahiran, si ibu sama sekali tidak merasakan sakit dan si bayi pun sudah memiliki dasar-dasar pengetahuan yang sudah “diflug in” tadi,  tinggal dalam proses kehidupannnya, sang bayi dirangsang melalui sistem pendidikan (PRODIMAAR) agar akal dan hatinya merealisasikan konsepsi yang sudah ada.

Proses BHABAR (kelahiran) ini, sebenarnya mengedepankan isu tokoh seorang anak bangsa LEMURIAN bernama ARKHYTIREMA yang diambil dari  istilah (kejadian) yang berasal dari kata ARK (bahtera), KHY (tenaga), TI (dari), RHEM (12 planet dalam keadaan berhenti) A (panggilan untuk anak). Jadi, ARKHYTIREMA berarti anak bahtera yang memiliki tenaga dari 12 planet dalam keadaan berhenti (halaman 29).

Pada waktu itu ARKHYTIREMA lahir diperkirakan pada 419 ORIGOM atau 40.000 SM. ARKHYTIREMA lahir ketika IZLAN LEMURIAN, atau juga dikenal dengan nama Bangsa MU, belum dihancurkan oleh BHALLAMIN, raja Bangsa ATLANTIS.

Pasca BHABAR, ARKHYTIREMA kecil menimpa pendidikan dalam sistem pendidikan PRODIMAAR, yaitu sistem pendidikan yang memaksimalkan potensi anak tanpa mengganggu kebebasan anak berpikir dan bergerak. Pada masa ini, pendidikan yang ditempa sungguh sangat berbeda dengan jaman modern sekarang. Sistem pendidikan PRODIMAAR berupa visual dan audio yang disisipi subliminal program, yaitu sebuah sistem yang dirancang untuk mempengaruhi alam bawah sadar agar ilmu pengetahuan secara otomatis “menempel” di alam bawah pemikiran anak tersebut (halaman 37).

Dari PRODIMAAR inilah, ARKHYTIREMA mulai menemukan rasa dan pemikiran kritis terhadap fenomena kehidupan, manusia, planet dan jagat raya. Bahkan kekritisannya itu menyebabkan dirinya terpacu untuk mencari sang pencipta dan melakukan petualangan ke berbagai galaksi. Khusunya dalam sebuah sessi di Ruang GAMMA (red: seperti ruang kelas laboratorium sekolah), ARKHYTIREMA kecil sempat bertanya, “bolehkah saya bertemu dengan Sang Pencipta? Seperti apakah Beliau? Apakah seperti kita? Ataukah mahluk yang tidak pernah bisa kita bayangkan?” ucapnya kepada profiler.

Profiler tersebut didampingi kedua orang tua ARKHYTIREMA, dan disaat anaknya bertanya seperti itu, sang ayah langsung angkat bicara, “ABHA (red: ayah) belum pernah bertemu dengan Sang Pencipta, Tetapi apabila ingin merasakan DATHnya (red: zat), perhatikanlah ciptaan-ciptaanNya, disana terkandung rahasia yang sangat luar biasa, apabila kita mau berpikir. Bagaimana kita hidup? Bagaimana kita berjalan? Bagaimana sebuah mahluk itu dari tidak ada menjadi ada? Tidak mungkin semua itu berdiri sendiri, pasti ada yang menciptakan. Apabila kita membuat sesuatu, seperti yang pernah ABHA contohkan membuat robot plasma, pasti kita buat robot-robot plasma tersebut tidak memikirkan yang mebuatnya. Tergantung dari programnya. Kita tidak deprogram untuk memikirkan Sang Pencipta, seperti kita memprogram robot plasma, agar dia tidak bisa berpikir, hanya sekedar melaksanakan apa yang kita perintahkan. Meskipun kita sudah membuat kecerdasan buatan, tetapi kita tidak bisa memprogram kecerdasan buatan tersebut untuk mengerti sang programmer. Ketika kita memikirkan sang pencipta, tidak akan pernah terbayang mahluk apapun karena program tersebut tidak ada di alam  bawah sadar. Kita tidak ditanamkan memori tentang itu” (halaman 80).

Mendengar penjelasan sang ayah, ARKHYTIREMA terdiam sejenak. Tidak mungkin bagi dirinya bertemu Sang Pencipta. Namun karena jiwa mudanya masih penuh dengan semangat belajar dan berpetualang, rasa penasaran itu selalu tertanam dan selalu belum terpuaskan. Akhirnya ARKHYTIREMA memutuskan untuk mencari ADHAMA yang kekuatannya melebihi dirinya.

Petualangan Mencari ADHAMA

“Aku harus bertemu dengan ADHAMA. Aku harus menemukan beliau untuk menguji seperti apa kekuatan manusia yang memiliki penguasaan energy 100%,” ucap ARKHYTIREMA penasaran ingin mencoba menjajal kekuatan ADHAMA (halaman 101).

Ia kemudian meminta ujin kedua orang tuanya, namun kedua orangtuanya hanya mengerutkan dahi dan terdiam. Kedua orangtuanya sadar bahwa mereka tidak bisa menahan keiingintahuan anaknya sendiri. Orang tuanya akan mengijinkan dirinya mencari ADHAMA apabila Dewan Lemurian mengijinkan. Dengan diskusi yang cukup alot, akhirnya Dewan Lemurian yang dipimpin RHAMIDAAR akhirnya mengijinkan ARKHYTIREMA mencari ADHAMA. Pada saat inilah dimulainya petualangan ARKHYTIREMA pergi ke galaksi-galaksi lain melalui BARQHA.

Melalui BARQHA, yaitu sebuah alat untuk menghubungkan portal ke portal lain melalui worm hole, ARKHYTIREMA kemudian menjelajah galaksi-galaksi lain yang ternyata memiliki kehidupan yang persis sama dengan di ARDH GRUMMA (red: Bumi). Di setiap Planet yang dilewatinya, ARKHYTIREMA dihadapkan berbagai konflik yang berbeda-beda.

Kedatangan ARKHYTIREMA terkadang disambut bak seorang dewa, namun di planet lain disambut sebagai pengacau. Namun konflik-konflik tersebut muncul dari NISPHA-NISPHA (Nafsu)  penghuni planet (bahkan para pendatang) yang cenderung ingin menguasai planet tersebut. ARKHYTIREMA muncul seperti “Sang Pembebas” yang selalu dapat enyelseaikan masalah dengan mendudukan keadilan dan kesejahteraan bagi semua penghuni planet tersebut.

Nampaknya para pembaca disuguhkan sebuah cerita dari sebuah dongeng yang belum pernah terlintas sedikitpun, namun keadaan itu merupakan kejadian nyata yang dialami ARKHYTIREMA. Selain itu, novel ini sarat dengan ajaran-ajaran dan petuah-petuah bijak, terutama bagaimana menghormati sesama, berbuat adil dan beribadah kepada Yang Maha Kuasa (red: Allah Swt).

Sistematisasi bahasanya cukup sederhana, tidak ada cerita flash back, semuanya mengalir dari sebuah kehidupan ARKHYTIREMA. Bentuk redaksi bahasa pun sangat berbeda dari biasanya. Istilah-istilah baru dalam novel ini sengaja dibuat menggunakan Huruf Kapital sehingga memudahkan para pembaca untuk mengingat istilah-istilah tersebut. Selain itu, novel ini juga dilengkapi dengan glosarium yang sengaja terpisah untuk memudahkan pembaca menemukan arti-arti dari redaksi bahasa yang sulit dimengerti.

Memang diakui penulis, novel ini sedikit memunculkan pro kontra terkait bangunan sejarah mengenai agama, kebudayaan dan peradaban manusia. Namun setidaknya novel ini memberikan pengetahuan yang hakiki mengenai tugas dan hakekat manusia sebagai KHALIFAH di muka bumi. Selamat membaca!

Judul Buku      :  ARKHYTIREMA

Pengarang       : Dicky Zainal Arifin

Halaman          : 346 Halaman + 77 Halaman Glosarium

Penerbit           : Lemurian Production

Tahun Terbit    : April 2011

Share :

40 Comments on ARKHYTIREMA; Menguak Misteri Peradaban Dunia

  1. semoga novel ini bukanlah semata-mata bertujuan untuk mendangkalkan akidah muslim karena tidak ada kelahiran anak manusia sebelum adam dan itu jelas di tuliskan di dalama alqur`an. trims

  2. sayyid // 20/06/2011 at 21:52 // Reply

    wah luar biasa ketika saya membaca prolog buku arkhytirema ini akan menguak sejarah peradaban manusia, agama dan budaya yang belum kita ketahui..ternyata dalam al-qur’an sudah dijelaskan sebelum nabi Adam a.s diciptakan telah ada manusia yang tercipta di bumi dan membuat kerusakan. mungkinkah bangsa lemurian adalah salah satunya manusia yang bertahan hidup??

    • Balqis // 23/08/2012 at 15:16 // Reply

      arkhitirema itu keturunan Adhama, dan Adhama adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT.

  3. asal tahu saja data -data dibuku ini didapat dengan mengkaji Al Qur’an dan melakukan perjalanan antar waktu (time travel), namun apakah time travel dilakukan dengan fisik atau tidak, bisaa langsung ditanyakan kepada penulisnya
    dan menurut penulisnya pun akhytirema masih hidup hingga saat ini, beliau sedang hibernisasi disalah satu piramid diindonesia, bahkan adhama sendiri pun masih hidup, cuma keberadaan tidak diketahui, tidak seperti akhytirema yang keberadaan sudah diketahui oleh penulis
    sy yakin buku akan banyak sekali menimbulkan pertentangan, terutama dari yang skeptis dengan kemampuan manusia, jadi mari kita belajar untuk mengkaji dan menyeledikinya sendiri

    • ow ow ow
      ini yg salah.., sipenulis menceritakan setelah mengkaji Al Qur’an dan time trvel, terserah apa dengan badagnya(raga) atau halusnya(jiwa) seperti mraga sukma., seolah2 sipenulis benar2 menuliskan hal ini memang telah terjadi dan bukan hanya fiksi., hal ini akan tumpang tindih antara keterangan si penulis dengan aqidah yg sebenarnya dr dalam Al qur’an

  4. Sebagai tambahan, kalo sudah membaca novel dengan teliti , dapat disimpulkan bahwa Akhytirema bukanlah manusia yang dicptakan sebelum Adam, tapi akhytirema katuruanan Nabi Adam juga, tetap manusia pertama yang diciptakan oleh Allah swt adalah Adam, jadi isi novel ini sama sekali tidak bertentangan dengan Al-Qur’an ataupun Hadit

    • si penulis (kang dicky) seolah2 memprioritaskan bahwa dirinyalah ARKHYTIREMA anak keturunan adam yg bisa melintas waktu melalui meraga sukma.
      dia masuk kedalam novel itu dengan bicara AKU(kang dicky), bukan seorang tokoh fiksi, dia melintas waktu(time trevel) untuk mencari tahu kebenaran adam(yg saya tidak tahu caranya bisa dgn menciptakan mesin waktu, alat transporter atau hanya daya khayalnya melalui ngimpo).

  5. xamd:lost memories // 26/08/2011 at 20:12 // Reply

    ini cerita nya mirip sama anime xamd:lost memories kan dan tokoh utama nya sama sama tertidur didalam piramida dan kapan ya ini novel dijadikan anime atau film pasti seru deh dan dimana ya supaya bisa dibaca online dan gratis tolong diberitahu ya cara nya ditunggu nih semoga semua nya bisa sukses ya

  6. xamd:lost memories // 26/08/2011 at 20:18 // Reply

    dicari digoogle pun tidak ada ya jadi kecewa nih dan harus dicari dimana ya

  7. BARQHA itu semacam stargate ya dan ini novel kapan nih dijadi anime supaya lebih seru

    • plesetan dari buraq, yaitu kendaraan yg dipakai oleh Muhammad SAW ketika isra’mi’raj

  8. menurut saya buku ini bukan novel, buku ini hanya memberikan informasi yg mungkin kebanyakan orang tidak mengetahuinya atau bahkan “dengan sengaja” tidak mau orang lain tahu akan informasi ini. kalau ada yg bilang buku ini menyimpang dari Al-Quran & Hadits atau mendangkalkan akidah muslim, coba di kaji kembali pemahaman dalam cara mentafsirkan dan menggunakan sudut pandang pemahamannya.

  9. semrawut // 30/11/2011 at 07:37 // Reply

    PENAPAT YG NGAWUR….kalo anda percaya ada manusia sebelum nabi adam, SAYYID ayat manakah dalam Al Quran yg menjelaskan bahwa ada manusia sebelum nabi adam…???
    hati2 dalam berpendapat karena percaya terhadap nabi dan rosul adalah salah satu RUKUN IMAN YAITU IMAN KEPDA NABI DAN ROSUL….

    • Balqis // 23/08/2012 at 15:19 // Reply

      Arkhytirema itu keturunan nabi adam,,,, @sayyid itu salah….
      Arkhytirema itu di awasi langsung oleh nabi Adam saat dia mencari dari temapt satu ke tampat yg lain melalu Barkha… jadi salah besar kalau ada manusia sebelum nabi Adam

  10. popi herlina // 03/01/2012 at 21:32 // Reply

    @semrawut
    kata siapa arkhytirema manusia sebelum adam??
    justru beliau sendiri digembleng langsung oleh adam
    tetap saja adam adalah manusia pertama
    tapi semua tergantung anda juga mau percaya atau tidak

  11. coba baca deh novel nya baik-baik ngga ada kata bahwa arkhytirema manusia sebelum adam, beberapakali dikatakan dalam buku tersebut bahawa arkhytirema sedang mencari bapak kita adama

  12. mana ada manusia diciptakan sebelum adam, adam adalah manusia pertama yang di ciptakan allah

  13. kenapa yah masih yang berpendapat arkhytirema itu manusia sebelum adam??
    sudah jelas arkhytirema itu mencari adam, untuk menguji kemampuanya, cuma saat beliau benar-benar ketemu adam beliau sama sekali tidak berkutik artinya kemampuan adam jauh diatas arkhytirema
    kalo dibilang mirip cerita anime, itu mungkin saja, karena bahan buat buku ini memang hasil perjalanan time travel , saya malah sudah mengetahui tokoh akrkytiterma jauh sebelum novel itu ada, cuma karena beliau bicara dalam bahasa lemurian saya tidak mengerti, baru setelah oleh kang dikcy diterjemahkan dalam bahasa indonesia, saya baru sadar bahwa begitu luar biasanya manusia
    informasi buku kedua sudah terbit dan kisahnya jauh lebih seru,
    bacalah dengan tanpa beban,open mind,

    • owww.. anda juga sudah melakukan perjalanan waktu? coba anda lihat bagaimana rasulullah SAW beribadah, atau waktu fenomenal rasulullah isra’ mi’raj, atau bahkan menyaksikan saat Rasulullah menerima wahyu…,
      anda terlalu naif bila anda bilang sudah melakukan time travel.,
      anda hanya duduk kaya orang tapa terus merapal aji-ajian dgn konsentrasi(berharap-red) agar bisa melihat “sesuatu” dr masa depan dan akhirnya di beri gambaran2 yg entah siapa yg memberi gambaran trsbut

      dah kaya orang ngimpo togel.,

      • reijuro // 11/05/2013 at 09:30 // Reply

        hemm… saya setuju apa yg dikatakan saudara fadil..
        time travel ala ngimpo atau ngimpleng belum bisa dijadikan referensi bahwa itu benar adanya..
        yg saya herankan kenapa orang ini lebih percaya time travelnya daripada AlQuran yang sudah jelas kebenaranya ditunjang dengan hadits Nabi

  14. rrifrna // 02/02/2012 at 21:42 // Reply

    ga sabar mau baca nya….. ^ ^ v
    semoga bisa bermanfaat ……amin

  15. Saya sudah membaca buku volume 1. Buku ini cukup menghibur, karena saya suka cerita2 sci-fi. Saya memandangnya tidak sebagai pembenaran tetapi hanya hiburan semata. Semua kebenaran hanya milik Allah SWT, karena hanya Dia lah yang maha tahu segalanya. Penulis hanyalah manusia biasa yang bisa saja salah atau bisa saja benar. Marilah kita melihatnya dari sisi hiburannya saja. :)

  16. buku 2 sudah terbit nich… subhanallah sekali…..

  17. Nabi Adam a.s. manusia pertama, sedangkan Arkhytirema keturunan Adam.

    sudah jelas di Al-Quran tercantum,Nabi Adam mengcloning manusia menjadi berbangsa2,berras2,bersuku2,dll (ada di Al-Qur’an)
    ditebar kseluruh alam semesta

    nah itulah dia,Arkhytirema nyari ADHAMA lewat worm hole (portal) dri suatu tmpat ktmpat lain (karena ditebar tadi dari prtma kali ADHAMA mengcloning manusia)

    • bukankah Allah telah mengembang biakan manusia dengan menjadikan manusia berpasang2 agar saling mengenal dan menjadikannya bersuku-suku dan berbangsa-bangsa?

      lalu mengapa pula ada kloning2an?

    • ayat Al Qur’an dirubah2: menjadikan bersuku-suku dan berbangsa2 dr kloning?
      yang benar Allah menjadikan manusia berpasang2an agar saling mengenal dan menumbuhkan kan kasih sayang, dan menjadikan manusia bersuku2 dan berbangsa2

      BUKAN DARI KLONING

  18. wilman // 21/05/2012 at 15:13 // Reply

    buku kedua sudah terbit, nanti sy akan resensi juga….

  19. wilman // 21/05/2012 at 15:19 // Reply

    ARKHYTIREMA: KRISIS GOGOMA, pada buku kedua ini, ada sebuah planet namanya GOGOMA mengandung b atuan GOGONIT, sejenis batuan yang memiliki energi besar. Uniknya, batu ini tidak menimbulkan radiasi aktif atau radio aktif, dan tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Planet ini diperebutkan oleh bangsa-bangsa di jagat raya, yaitu alien seperti Bangsa BROPA, TARX, ZNEZNELLA, MOSRAM dll. karena ingin saling menguasai, terjadilah pertempuran antar mereka. ARKHYTIREMA kemudian muncul sebagai penengah untuk menaydarkan mereka agar jangan berebut harta Milik Sang Pencipta. Ditengahi seperti itu, Bangsa-Bangsa Alien tersebut marah, dan tidak suka dengan tindakan ARKHYTIREMA. Mereka akhirnya semua berkolaborasi melawan ARKHYTIREMA sendirian. Padahal ARKHYTIREMA saat itu sendang menggendong bayi KHRIED (KHIDIR) untuk menyelamatkan dirinya dari serangan alien tersbuet, bagaimana kelanjutannya, heuheuheu, seruuu…..

  20. manusia pertama memang adam tp,mahluk pertama yg dciptakan allah yg tinggal dbumi bukan lah adam. Ada bangsa banul jan,nisnas dan bangsa hybrid raksasa (ad di hadis tp cri sndri) dan dll. Dan mahluk lain juga ad,rosul mlahan terang2an menjelaskan… Yaitu planet putih yg bsarnya 40x planet bumi, pnduduknya tdk prnah berbuat maksiat. Mreka dciptakan dri cahaya allah. Mreka tdk tau menau tentang adam,iblis,atau mlaikat diciptakan atau tdak.

    • Makhluk berakal yang pertama kali tiba/tinggal di bumi adalah adhama. semetara berbagai jenis tumbuhan dan hewan sudah ada. Dinosaurus adalah hasil rekayasa genetik dan sengaja dibuat dalam ukuran raksasa. sementara untuk penggembalanya di clone lah bangsa brodella(raksasa) oleh nabi adam. Kenapa dinosaur yang tadinya berukuran kecil dibuat menjadi raksasa…?? Apakah adhama mampu meliha masa depan…?? Fosil dinaosaur yang diolah telah menjadi sumber penggerak peradaban saat ini.

  21. Carnady // 07/09/2012 at 13:39 // Reply

    Buku ini hanyalah Novel, kaya Harry Potter, The Lord of the ring, Davinci Code…Novel hanyalah karangan fiksi….itu saja…..

  22. devyna // 23/12/2012 at 14:48 // Reply

    sepertinya yg memberi comment ini adalah org dewasa yg sudah pasti memiliki kedewasaan dlm berpikir, jadi tlg harap dpt mengkaji novel arkhytirema tsb, tdk ada penjelasan yg significant atau menyudutkan bahwa arkhytirema tsb Adalah manusia sebelum adam, jadi jgn asal menyimpulkan kalau anda hanya membaca novel tsb, dan tdk memahami apa yg anda baca, karena novel tsb hanya memberikan informasi pengetahuan yg mungkin tdk banyak diketahui publik, anggap saja apa yg anda baca adalah ilmu yg baru, karena dlm novel tsb pun tdk ada perintah paksaan bagi anda utk mempercayainya, karena setiap org memiliki pendapat masing2 diantara pro dan kontra.

    • okelah ini hanyalah sebuah novel, tapi….
      orang2 HI bukan menganggapnya novel, tapi hasil penafsiran yg salah kaprah dan perjalan time travel dari kang dicky.

  23. devyna // 23/12/2012 at 14:51 // Reply

    sepertinya yg memberi comment ini adalah org dewasa, yg sudah pasti memiliki kedewasaan dlm berpikir, jadi tlg harap dpt mengkaji novel arkhytirema tsb, tdk ada penjelasan yg significant atau menyudutkan bahwa arkhytirema tsb Adalah manusia sebelum adam, jadi jgn asal menyimpulkan kalau anda hanya membaca novel tsb, dan tdk memahami apa yg anda baca, karena novel tsb hanya memberikan informasi pengetahuan yg mungkin tdk banyak diketahui publik, anggap saja apa yg anda baca adalah ilmu yg baru, karena dlm novel tsb pun tdk ada perintah paksaan bagi anda utk mempercayainya, karena setiap org memiliki pendapat masing2 diantara pro dan kontra. ambil lah sisi positif dari setiap ilmu yg anda baca, jgn hanya mengkritik toh blm tentu anda dpt membuat novel scient fiction seluar biasa itu dg sekelumit ilmu pengetahuan yg anda anggap hanyalah fiksi belaka.
    ~devyna~14 thn

  24. satria // 21/02/2013 at 12:44 // Reply

    apa yg membuktikan klo bnar arkhytirema ada?dimana bisa mndapatkan buku novel akhytirema?

  25. satria // 21/02/2013 at 12:48 // Reply

    Dicky Zainal Arifin bisakah memberikan bukti2 supaya kita lebih dpt mngetahui dan mempelajari adanya akhytirema?

  26. Write Bros // 03/04/2013 at 20:50 // Reply

    manusia pertama adalah adam, tpi bukan mahluk pertama krn bnyak mahluk sebelum adam ada..bermacam ras dan bangsa

  27. arkhytirema itu anak cucunya adam yang mempunyai kemampuan otak hingga 40%,sedangkan kemampuan otak nabi Adam adalah 100%.dan salah besar jika ada yang menyebutkan bahwa ada manusia sebelum nabi Adam.

  28. adam “diturunkan” ke bumi setelah bumi dihuni oleh bangsa nisnas jadi adam bukan mahluk pertama yang menghuni bumi, tapi memang “manusia” pertama yang ada di bumi.
    adam “diciptakan dan diturunkan” ke bumi karena Allah bete ma bangsa nisnas. makanya jangan bikin Allah bete kalo gak mau buru2 diganti ma mahluk/bangsa lain setelah manusia :D

  29. Sy sangat mnyukai sejarah tp sy merasa ada yg menganjal dihati ini.. Sy dikasih tau ama teman kalau kang dicky zainal arifin sering ke planet pluto,dan orang tersebut menceritakan semua tentang kang dicky ke saya.. Trimakasih

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Bukti Keberadaan Nabi Adam as, Siti Hawa, dan Rasulullah Muhammad SAW di Novel ARKHYTIREMA « LSBD Hikmatul Iman Watch

Leave a comment

Your email address will not be published.

*