HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Vakum sejak 2011, Pengurus HMI Cabang Jepara Akhirnya Dilantik HMINEWS.COM – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jepara periode 2018-2019 sukses menggelar pelantikan pada Sabtu (28/7/2018) bertempat di gedung Shima Jepara, Jawa Tengah. Sebanyak 17 orang pengurus HMI Cabang Jepara...
  • Pengurus Besar HMI Resmi Dilantik HMINews.com-Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) MPO periode 2018-2020 resmi dilantik di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2018) lalu. Dalam pelantikan tersebut, Pengurus PB HMI dikukuhkan langsung oleh Ketua...
  • Masyarakat Papua Sambut Hangat Kongres HMI ke-31 HMINEWS.COM – Kongres HMI ke-31 sukses dibuka di gedung Aimas Convention Centre (ACC) kabupaten Sorong pada Minggu 28 Januri 2018. Kongres kali ini mengangkat tema “HMI untuk umat dan bangsa; merawat generasi...
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...

Pengurus Besar HMI Resmi Dilantik

Pengurus Besar HMI Resmi Dilantik
April 11
11:21 2018

HMINews.com-Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) MPO periode 2018-2020 resmi dilantik di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2018) lalu.

Dalam pelantikan tersebut, Pengurus PB HMI dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum Terpilih Kongres ke XXXI PB HMI di Sorong pada awal Februari lalu, Zuhad Aji Firmantoro.

Dalam sambutannya, Zuhad Aji memaparkan secara mendalam tentang tema kepengurusan PB HMI 2018-2020 yang mengambil tema ” Gerakan Intelektual Koletktif, Wujudkan Indonesia Berkeadilan.

Alumni Hukum Pascasarjana Universitas Islam Indonesia (UII) ini pun mengajak kepada seluruh kader HMI untuk ikut berperan aktif mewujudkan tatanan masyarakat yang ideal dan berkeadilan, baik segi ekonomi, hukum, politik maupun, lingkungan.

“Sebab akses kepada keadilan adalah hak setiap makhluk di muka bumi. Kami berharap kepengurusan ini dapat memanifestasikan nilai-nilai perjuangan yang telah dirumuskan serta mampu menerjemahkan konsep gerakan intelektual kolektif dengan lebih efektif agar dapat membantu terwujudnya masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan,” katanya.

Mantan Ketua HMI Cabang Yogyakarta ini pun menyinggung tentang gerakan pembebasan. Menurutnya, dalam gerakan tersebut Pengurus Besar HMI mengadopsi konsep intelektual kolektif sebagai basis gerakan dalam kepengurusan.

“Sebab, manakala di tengah pergerakan zaman yang semakin dinamis, langkah pembebasan memerlukan gerakan yang lebih substansial tanpa terpaku pada struktur-struktur yang berpotensi menghambat,” paparnya.
Sementara Gerakan kolektif yang dimaksud adalah sebuah gerakan dalam menyelesaikan masalah tidak bisa hanya menggunakan satu sisi saja.

“Gerakan intelektual kolektif adalah gerakan yang lintas-budaya, bangsa, negara dan lintas-disipliner. Gerakan ini memiliki jaringan informal, tidak terkonsentrasi di satu pusat, dan memiliki struktur yang bebas dan cair namun tetap berpedoman pada prinsip pemikiran pembebasan,” pungkasnya.

About Author

HMI Redaksi

HMI Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment