HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...
  • Solusi Ideal Stagnasi Pendidikan Indonesia Suatu hari di tahun 2017, seorang guru yang ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengajar di sebuah daerah perbatasan Indonesia – Malaysia di daratan Kalimantan, merekam empat...
  • Hoax Semakin Meresahkan HMINEWS.COM, Berita hoax yang beredar di media sosial dinilai sudah sangat meresahkan, banyak netizen yang telah menjadi korbannya, kecenderungan netizen yang terlalu mudah membagi informasi tanpa verifikasi awal, turut membantu...
  • Siap Lawan Koruptor, PB HMI Kunjungi Novel Baswedan HMINEWS.COM, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI MPO) menjenguk penyidik KPK, korban serangan teror, Novel Baswdean di Rumah Sakit JEC Menteng Jakpus, Selasa (11/4). Rombongan PB HMI tersebut dipimpin...

Resmi Dilantik, Komisariat Ulil Albab Bertekad Jadi Komisariat Penuh

Resmi Dilantik, Komisariat Ulil Albab Bertekad Jadi Komisariat Penuh
October 13
16:54 2017

HMINEWS.COM, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Komisariat Persiapan Ulil Albab Periode 1439-1440 H/2017-2018 M  menggelar Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Perdana pada Ahad, 08 Oktober 2017 di Gedung LPTQ Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Pelantikan Pengurus ini mengangkat tema “Sinergitas Gerakan HMI: Membangun Kreatifitas dan Kemandirian HMI Komisariat Ulil Albab”. Acara pelantikan dihadiri oleh Pengurus dan Anggota HMI Sesorong Raya, Ketua HMI Badko Papua Raya, OKP diantaranya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat STKIP Muhammadiyah Sorong.

Ketua Panitia “Zahra Wauyai” dalam laporan panitia menyampaikan, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik atas dukungan dan partisipasi dari rekan-rekan panitia dan Support dari Pengurus HMI Cabang Sorong Raya dan Pengurus Komisariat Ulil Albab serta patisipasi dan dukungan dari Komisariat Al-Mahdi (UMS), Intidzar (UMS) dan Komisariat STAIN Sorong.

Selamat dan sukses kepada Pengurus yang telah dilantik. Semoga amanah dalam menjalankan tugas dan tanggungjwawab yang telah diembankan,” ujarnya.

Ketua Umum HMI Komisariat Ulil Albab “Siti Rahima Lahangatubun” dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia akan berusaha menjalankan tugas dan tanggungg jawab yang diberikan. Namun hal ini tidak dapat berjalan efektif apabila tidak didukung oleh jajaran pengurus lainnya. Ia juga sangat mengharapkan dukungan penuh dari Pengurus HMI Cabang Sorong Raya guna mengawal setiap proses perkaderan dan perjuangan di HMI Komisariat Ulil Albab.

“Saya sangat mengharap dukungan dan partisipasi aktif dari rekan-rekan pengurus maupun anggota demi perkembangan dan kemajuan Komisriat kita kedepan, kita harus tunjukkan bahwa kita juga bisa dan mampu seperti Komisariat-Komisariat lainnya,” Ujarnya, Ahad (8/10).

Sedangkan Ketua Umum HMI Cabang Sorong Raya, Hambali Fata Wear juga menerangkan dan berpesan dalam sambutanya bahwasanya  Komisariat Ulil Albab yang merupakan komisariat baru dibentuk dengan status Komisariat Persiapan. Oleh karena itu, Pengurus HMI Cabang Sorong Raya akan selalu mengawal segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Komisariat Ulil Albab dan aktifitas lainnya yang dapat menunjang keberlangsungan roda perkaderan dan perjuangan selama satu periode, sehingga kedepannya status komisariat persiapan dapat ditetapkan sebagai komisariat penuh.

Ia juga sangat mengharapkan kepada Ketua Umum Komisariat beserta jajaran Pengurus agar selalu Bersinergi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang telah diembankan, hal ini demi tercapainya Komisariat Ulil Albab yang mandiri dan kreatif.

Pada kesempatan yang sama, ketua HMI Badan Koordiasi (BADKO) Papua Raya, Salim Wear, menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum Hambali Fata Wear serta pengurus HMI Cabang Sorong Raya, atas kerja keras dari rekan-rekan pengurus hingga Komisariat Ulil Albab Dapat terbentuk. Selain itu, Ia berpesan kepada Ketua Umum HMI Komisariat Ulil Albab agar tetap membangun sinergitas di internal pengurus, Komisariat Sesorong Raya dan HMI Cabang Sorong Raya.

Harapannya kepada pengurus HMI Cabang Sorong Raya, untuk mendampingi Komisariat Ulil Albab yang notabene baru di bentuk dan berstatus persiapan tersebut sehingga kedepanya dapat ditetapkan sebagai komisariat Penuh dan mandiri.

“Saya Selaku Ketua Badko beserta rekan-rekan pengurus akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengawal perkaderan di HMI Cabang Soron Raya, serta Cabang-Cabang lain di bawah naungan Badko Papua Raya.” Ujarnya.

Kegiatan pelantikan ini dilanjutkan dengan Orasi Ilmia dengan Tema “Peran Mahasiswa Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani”. Keynote Speaker Kakanda Abdul Hafid M.Pd., (Alumni HMI-MPO Cabang Mataram). Dalam Orasi tersebut beliau menyampaikan, Kalau berbicara mengenai peran mahasiswa Islam dalam membentuk masyarakat madani dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya adalah aspek historis.

Untuk membentuk masyarakat Madani dalam pespektif Islam, kita harus kembali pada sejarah beberapa abad silam yang dilakukan oleh Rasulullah Saw di Madinah ketika itu. Yang mana masyarakat ketika itu diberikan hak dan kewajiban yang sama, hidup rukun, aman dan damai. Setiap penganut Agama diberikaan kebebasan untuk hidup bersama di Negeri Madinah.

Menurut Beliau, kita tidak akan pernah bisa mencapai masyarakat madani (Civil Sociaty), kalau tidak ada sebuah organisasi atau perkumpulan, sebuah gerakan. Yang mana gerakan itu bersifat independen, yang berarti tidak berpihak pada golongan manapun, tidak bergantung pada harta, tahta atau apapun. Tidak berpihak pada kapitalisme, sekularisme dan lain sebagainya. Dan salah satu organisasi itu adalah HMI-MPO. Sehingga kalau tidak ada gerakan mahasiswa, dalam konteks ini adalah mahasiswa islam yang independen, maka gerakan ini akan bercampur-baur, tidak berasas, tidak tau arahnya kemana. Karena yang benar disalahkan dan yang salah dibenarkan. Jadi asas merupakan hal yang sangat penting dalam konteks gerakan mahasiswa Islam.

Jika berbicara dalam persektif Keindonesiaan, maka kita melihat dari berbagai macam budaya, suku, bahasa, dan agama, dan HMI sebagai Gerakan Mahasiswa Islam tidak anti terhadap pemahaman yang lain, tidak anti terhadap Agama yang lain. Karena konteks Bhineka Tunggal Ika itu merupakan hal yang mutlak untuk dipertahankan dalam konteks kehidupan sosial bermasyarakat dan beragama di Negara ini.

Beliau menambahkan, Mahasiswa Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masyarakat Madani tersebut, masyarakat yang memiliki nilai-nilai demokrasi, menjunjung tinggi hak asasi manusia, toleran terhadap sesama bangsanya.[]

About Author

redaksi

redaksi

kirim tulisan anda ke: redaksi@hminews.com

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment