HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...
  • Solusi Ideal Stagnasi Pendidikan Indonesia Suatu hari di tahun 2017, seorang guru yang ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengajar di sebuah daerah perbatasan Indonesia – Malaysia di daratan Kalimantan, merekam empat...
  • Hoax Semakin Meresahkan HMINEWS.COM, Berita hoax yang beredar di media sosial dinilai sudah sangat meresahkan, banyak netizen yang telah menjadi korbannya, kecenderungan netizen yang terlalu mudah membagi informasi tanpa verifikasi awal, turut membantu...
  • Siap Lawan Koruptor, PB HMI Kunjungi Novel Baswedan HMINEWS.COM, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI MPO) menjenguk penyidik KPK, korban serangan teror, Novel Baswdean di Rumah Sakit JEC Menteng Jakpus, Selasa (11/4). Rombongan PB HMI tersebut dipimpin...

Yang Muda Berkarya

Yang Muda Berkarya
May 30
11:55 2017

Pemuda adalah generasi penerus bangsa, baik dan buruk sebuah Negara di masa yang akan datang, tergantung pemuda hari ini. Pemuda adalah tulang punggung sebuah Negara, saya meminjam statemen founding fathers kita “berikan aku seribu orang tua, maka akan aku guncangkan gunung semeru dan berikan aku sepuluh pemuda, maka akan aku guncangkan dunia” . Dalam statement itu tersirat pesan bahwa antar orang tua dan pemuda memunyai power yang sangat jauh berbeda.

Negara yang besar adalah negara yang menghargai para pahlawanya. Pada umumnya yang menjadi penggerak dan pembaharu adalah para pemuda. Negara kita saja merasakan kemerdekaan tidak terlepas pengaruh dan pengorbanan para pemuda.

Saya ingin menggarap sedikit judul ini, kata “yang muda” ditujukan kepada para pemuda, jadi bagi anda yang masih dikaruniakan usia muda, maka anda jangan pernah sia-siakan momentum ini, karena pada saat nanti telah menjadi yang tua, berarti anda telah kehilangan momentum.

“Berkarya” berasal dari bahasa sansakerta yang artinya usaha atau ikhtiar, jadi berkarya adalah melakukan tindakan atau usaha untuk melahirkan dan menghasilkan sebuah karya. Berkarya adalah ekspresi perasaan, gagasan, dan emosi sehingga meciptakan karya yang memunyai nilai seni.

Berkarya dan bekerja adalah dua hal yang berbeda. Berkarya yaitu melakukan tindakan untuk mendapat kepuasan batin, biasanya berasal dari hobi, sedangkan bekerja adalah melakukan tindakan untuk mencari uang.

Mengapa harus yang muda ? karena pemuda adalah generasi emas, dengan kata lain masih kuat dari segi tenaga, masih kuat ingatannya dan masih punya jiwa progresif untuk melakukan perubahan, yang tidak dimiliki oleh orang tua.

Melalui karya kita bisa lebih hidup, karena hidup tanpa karya hampa, bagaikan taman tanpa bunga. Hal yang membuat saya heran, masih banyak pemuda menggangap perubahan itu tugasnya orang tua, alasanya mereka yang memimpin kita hari ini.

Dengan berkarya kita bisa melakukan inovasi-inovasi baru, untuk menggantikan sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Pemuda yang tidak berkarya sangat rugi, karena tidak memanfaatkan momentum masa muda. Kata Haji Roma Irama masa muda adalah masa yang berapi-api, kalau saya tafsirkan masa berapi-api maksudnya masa-masa samangatnya manusia.

Banyak jalan menuju roma. Mungkin anda bingung bagaimana caranya supaya anda disebut pemuda yang berkarya. Ketika anda membuat makalah karena disuruh dosen, maka sadarlah itu bagian dari berkarya, yang tadi anda tidak bisa membuat karya dalam bentuk makalah, dengan sendirinya anda akan belajar bagaimana cara membuat makalah.

Sekarang pasti anda masih bingung, karena belum ada titik terang tentang cara berkarya. Berikut ini yang anda harus lakukan untuk menjadi yang muda yang berkarya:

1. Merubah Cara Berpikir

Ubahlah cara berpikir anda, yakinkan diri bahwa anda generasi penerus yang akan menjadi estafet kepemimpinan serta yang akan menentukan masa depan bangsa anda, baik dan buruknya bangsa anda di hari depan, itu tergantung anda hari ini. Cara kita berpikir akan menentukan tindakan kita.

2. Mencatat Ide

Semua orang ketika berkarya harus punya ide. Catatlah ide-ide anda dalam sebuah buku saku, baik berasal dari luar diri anda dan dalam diri anda. Pada saat anda di jalan jangan pernah lupa untuk mencari inspirasi. Setelah anda sudah mencatat, kumpulkan dalam sebuah buku kecil, Agar ide-ide anda tidak terlewatkan begitu saja.

3. Bertindak Sesuai Ide ( berkarya)

Ide-ide yang anda tulis, pelan-pelan anda realisasikan dalam bentuk tindakan nyata. Ide tidak akan berguna bila hanya berputar-putar di wilayah ide tau konsep anda. Lakukanlah sesuatu dengan ikhlas dan jangan lupa berdoa sebelum bertindak.

4. Tawakal

Meskipun manusia diberikan kebebasan dalam bertindak, namun tetap Tuhan yang menetukan hasil final dari usaha anda. Setelah berusaha sekuat tenaga untuk merealisasikan ide-ide anda, jangan pernah putus asa dan pantang menyerah, termasuk bila anda gagal pada saat itu. Karena kegagalan adalah proses pendewasaan diri. Demikian, Semoga bermanfaat

Penulis: Muhammad Yusran, Pengurus HMI MPO Cabang Makassar

About Author

redaksi

redaksi

kirim tulisan anda ke: redaksi@hminews.com

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment