HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Pengurus Besar HMI Resmi Dilantik HMINews.com-Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) MPO periode 2018-2020 resmi dilantik di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2018) lalu. Dalam pelantikan tersebut, Pengurus PB HMI dikukuhkan langsung oleh Ketua...
  • Masyarakat Papua Sambut Hangat Kongres HMI ke-31 HMINEWS.COM – Kongres HMI ke-31 sukses dibuka di gedung Aimas Convention Centre (ACC) kabupaten Sorong pada Minggu 28 Januri 2018. Kongres kali ini mengangkat tema “HMI untuk umat dan bangsa; merawat generasi...
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...
  • Solusi Ideal Stagnasi Pendidikan Indonesia Suatu hari di tahun 2017, seorang guru yang ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengajar di sebuah daerah perbatasan Indonesia – Malaysia di daratan Kalimantan, merekam empat...

Try out Ujian Nasional Online Pertama di Indonesia yang Menggunakan Smartphone

Try out Ujian Nasional Online Pertama di Indonesia yang Menggunakan Smartphone
December 03
11:48 2015

HMINEWS.Com – Penyelenggaraan Ujian Nasional Utama tahun 2016 yang rencananya akan dilaksanakan pada April 2016 sudah mulai berbasis komputer. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi dalam penilaian pendidikan merupakan keharusan dengan pertimbangan untuk kemudahan, keakuratan, dan kecepatan dalam penilaian.

Terkait hal tersebut, Yayasan Generasi Cerdas Mandiri dan Geschool, website jejaring sosial berbasis edukasi, akan menyelenggarakan event akbar, yakni simulasi “Ujian  asional Online 2016” untuk siswa SMP dan SMA pada Februari-Maret 2016 yang pendaftarannya sudah dimulai sejak November 2015.

Yulia Linguistika, Ketua UNO 2016, menyatakan bahwa Ujian Nasional Online 2016 adalah bentuk simulasi Ujian Nasional pertama di Indonesia yang dilangsungkan secara online. Event UNO dilengkapi dengan paket soal yang predictable dengan UN SMP-SMA 2016, try out ujian tingkat nasional, dan akses pengerjaan yang dapat dilakukan melalui PC desktop, laptop, serta smartphone.

Sedangkan menurut Muhammad Syarifudin yang akrab disapa Jenderal Tawon yang juga merupakan Koordinator UNO Wilayah Jakarta Pusat menuturkan bahwa Try Out UNO 2016 ini merupakan salah satu karya anak Bangsa yang ingin mendukung rencana KEMENDIKBUD dalam pelaksanaan UN dengan CBT (Computer Based Test), makanya sangat bijaksana jika pemerintah mendukung dengan menghimbau seluruh SMP dan SMA untuk mengikuti kegiatan ini.

Pengerjaan try out UNO melalui PC dilakukan dengan mengakses website www.geschool.net. Sementara itu, pengerjaan melalui smartphone dapat dilakukan dengan mengunduh secara gratis aplikasi android di layanan google playstore dengan menuliskan kata kunci Geschool Learning Try out.

Selain itu, pengerjaan ujian bisa dilakukan di manapun sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia dengan menggunakan media PC desktop, laptop, atau smartphone.

“Event ini bertujuan untuk mendekatkan siswa dengan aktivitas online yang positif serta sebagai bentuk support motivasi jelang UN SMP-SMA 2016.

Rencananya event UNO 2016 akan diupayakan untuk masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai try out ujian nasional pertama menggunakan smartphone,” tutur Yulia.

“Event Ujian Nasional Online 2016 kali ini merupakan event yang kedua kalinya diadakan oleh Yayasan Generasi Cerdas Mandiri dan Geschool setelah sebelumnya diadakan pada 2015. Selain event UNO, Yayasan Generasi Cerdas Mandiri dan Geschool juga sudah pernah sukses dalam penyelenggaraan Olimpiade Online Nasional – Ainun Habibie Award 2013 dan 2014 yang bekerja sama dengan Orbit Digital,” imbuh Yulia.

Informasi lebih lanjut tentang UNO 2016 dapat dilihat melalui website Geschool di www.geschool.net/uno serta mengontak (0274) 633181 atau 0856-93-666-963 (Muhammad Syarifudin).

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment