HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Gempa Sulteng, PB HMI Buka Posko dan Instruksikan Aksi Nasional HMINEWS.COM- Bencana gempa dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah Terbatas Palu dan Donggala telah menelan korban jiwa dan sampai saat ini terus bertambah. Ketua UmumPengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam...
  • Kohati Pekanbaru Rayakan HUT RI ke 73 bersama anak Panti   HMINEWS.COM- Korp HMI-wati (Kohati) cabang Pekanbaru meyarakan HUT RI -73 bersama anak-anak panti asuhan Al-hasanah di Pandau Pekanbaru pada 18-19 Agustus 2018  Ini merupakan kesekian waktu Kohati cabang Pekanbaru,...
  • Vakum sejak 2011, Pengurus HMI Cabang Jepara Akhirnya Dilantik HMINEWS.COM – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jepara periode 2018-2019 sukses menggelar pelantikan pada Sabtu (28/7/2018) bertempat di gedung Shima Jepara, Jawa Tengah. Sebanyak 17 orang pengurus HMI Cabang Jepara...
  • OTT Kalapas dan Praktek Permisif Masif di Lembaga Pemasyarakatan Oleh: Zunnur Roin * OPINI, HMINEWS.COM -Konferensi Nasional Kepenjaraan d i Lembang Bandung, Tanggal 27 April 1964 telah mengubah wajah penghukuman terhadap narapidana di negeri ini. Konferensi tersebut diikuti oleh...
  • ‘Mahalnya’ Demokrasi Kita   Oleh: Laode Yayan * HMINEWS.COM-Betapa mahalnya demokrasi kita saat ini. Untuk pemilu legislatif, ada kelompok yang menghasilkan uang sebanyak mungkin untuk setiap calon legislatifnya.  Demokrasi tidak sebatas pemilu yang...

Anies Baswedan Dorong Transparansi dan Kolaborasi di Kementeriannya

Anies Baswedan Dorong Transparansi dan Kolaborasi di Kementeriannya
October 28
20:00 2014

Anies dan SpHMINEWS.Com – Dipercaya mengemban amanat menjadi Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan mengungkapkan sikap dasarnya dalam mengelola kementerian tersebut. Anies adalah salah satu dari kalangan profesional yang dipilih oleh Jokowi untuk menjadi menteri. Bagi Anies yang pertama akan ia dorong adalah perspektif baru dalam mengelola kementerian.

“Perspektif yang harus terus didorong adalah bahwa masalah di negeri ini adalah masalah milik bersama dan setiap warga bisa menjadi bagian dari solusi,” kata Anies, Senin (27/10/2014).

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini mengatakan bahwa dengan perspektif tersebut maka kementerian perlu untuk beradaptasi dengan perubahan. “Semua tata pemerintahan di dunia saat ini mendorong transparansi. Transparansi akan menghadirkan kepercayaan publik pada pemerintah, ini yang perlu kita dorong bersama,” ungkapnya.

Bagi Anies selain transparansi yang juga penting adalah kolaborasi. “Saat ini adalah era ketika setiap orang bisa terlibat. Semangat anak muda untuk perubahan ini harus kita dorong untuk terlibat. Kementerian bukan saatnya lagi menutup diri, saatnya kita mendorong kolaborasi dengan beragam kalangan,” papar Anies.

Menurutnya, kolaborasi bisa dilakukan dengan beragam pihak mulai dari sektor privat, NGO, atau beragam komunitas masyarakat. Anies mengatakan melalui perspektif baru yang mendorong transparansi dan kolaborasi maka kepercayaan publik pada kementerian dapat meningkat.

“Salah satu masalah utama negeri ini adalah trust yang rendah pada pemerintah. Dengan mendorong transparansi dan kolaborasi di masing-masing kementerian maka peningkatan kepercayaan perlahan-lahan bisa meningkat,” lanjut dia.

Pendidikan Kunci Peningkatan Kualitas Manusia

Berulang kali Anis menegaskan, masalah pendidikan adalah kunci penting kemajuan manusia Indonesia. Kualitas manusia Indonesia adalah kunci untuk bersaing di era ini. Pendidikan adalah kunci utama peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Untuk itu, lanjutnya, pendidikan harus menjadi gerakan semesta. “Pendidikan bukan hanya masalah sektoral tapi urusan nasional. Sehingga kita harus menjadikan pendidikan sebagai gerakan semesta. Setiap kita harus ikut ambil bagian menyelesaikan masalah pendidikan,” ujarnya.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment