HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Gempa Sulteng, PB HMI Buka Posko dan Instruksikan Aksi Nasional HMINEWS.COM- Bencana gempa dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah Terbatas Palu dan Donggala telah menelan korban jiwa dan sampai saat ini terus bertambah. Ketua UmumPengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam...
  • Kohati Pekanbaru Rayakan HUT RI ke 73 bersama anak Panti   HMINEWS.COM- Korp HMI-wati (Kohati) cabang Pekanbaru meyarakan HUT RI -73 bersama anak-anak panti asuhan Al-hasanah di Pandau Pekanbaru pada 18-19 Agustus 2018  Ini merupakan kesekian waktu Kohati cabang Pekanbaru,...
  • Vakum sejak 2011, Pengurus HMI Cabang Jepara Akhirnya Dilantik HMINEWS.COM – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jepara periode 2018-2019 sukses menggelar pelantikan pada Sabtu (28/7/2018) bertempat di gedung Shima Jepara, Jawa Tengah. Sebanyak 17 orang pengurus HMI Cabang Jepara...
  • OTT Kalapas dan Praktek Permisif Masif di Lembaga Pemasyarakatan Oleh: Zunnur Roin * OPINI, HMINEWS.COM -Konferensi Nasional Kepenjaraan d i Lembang Bandung, Tanggal 27 April 1964 telah mengubah wajah penghukuman terhadap narapidana di negeri ini. Konferensi tersebut diikuti oleh...
  • ‘Mahalnya’ Demokrasi Kita   Oleh: Laode Yayan * HMINEWS.COM-Betapa mahalnya demokrasi kita saat ini. Untuk pemilu legislatif, ada kelompok yang menghasilkan uang sebanyak mungkin untuk setiap calon legislatifnya.  Demokrasi tidak sebatas pemilu yang...

Gebyar Ramadhan HMI STKIP Muhammadiyah Bogor

August 06
14:08 2013

HMINEWS.Com – Hampir sebulan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Komisariat STKIP Muhammadiyah Bogor  mengadakan Gebyar Ramadhan. Kegiatan yang diselenggarakan di antaranya: Pesantren Kilat, Asi Solidaritas untuk Kaum Mustadh’afin, Lomba-lomba Budaya Islami, Dialog Kader Komisariat, Santunan Anak Yatim, dan ditutup dengan Buka Puasa Bersama Masyarakat.

Penggalangan Dana

Aksi ini dilakukan puluhan kader HMI MPO Komisariat STKIP Muhammadiyah Bogor dengan turun ke Pasar Leuwiliang. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan Komisariat tersebut.

“Kegiatan ini upaya membangun dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memikirkan nasib orang-orang yang lemah, para kaum dhu’afa di wilayah tempat tinggal masyarakat pemilik toko atau pengunjung pada umumnya dan kaum dhu’afa di wilayah Pasar Leuwiliang pada khususnya,’’ kata Ketua Panitia penggalangan dana, Ardiansyah.

Buka Puasa Bersama Masyarakat dan Pihak Kampus

Buka Pusa diadakan dua kali, pertama atas ajaan pihak Kampus STKIP Muhammadiyah Bogor, dan kedua yang diadakan para pengurus Komisariat. Kampus ini merupakan salah satu basis perkaderan HMI MPO Cabang Bogor dengan jumlah kader yang cukup banyak dan ramai dalam setiap kegiatannya.

Pembantu Ketua Bidang Keuangan STKIP Muhammadiya Bogor Pevi Januar Pelita pada kesempatan itu mengatakan “Teman-teman HMI harus menjalin komunikasi yang baik sehingga tercipta harmonisasi dengan Lembaga STKIP Muhammadiyah, komunikasi yang baik akan membentuk kesepahaman dengan program lembaga, dalam kontek’s HMI dengan UKM dan organ eksternal lain. Kami mengapresiasi, tetapi teman-teman STKIP harus melakukan kerja nyata sebanyak dan sebaik mungin sehingga berkontribusi terhadap lembaga, juga demi perbaikan kampus,” ujarnya saat acara berlangsung, (31/7/2013).

Kader-kader baru HMI Komisariat STKIP juga menyatakan rasa bangga mereka. “HMI luar biasa, konteks Komisariat saja mereka diberikan porsi yang baik oleh lembaga walau ketika kami belum jadi dan setelah menjadi kader HMI. Kami merasakan HMI organisasi yang mengedepankan ukhuwah, keilmuan, keislaman, memberikan pemahaman, dan gambaran dimana dan harus seperti apa seorang mahasisiwa sebagai umat Islam dan warga negara Indonesia berbuat dan bertindak,” kata salah seorang mahasiswa STKIP, Hadisiswa.

Santunan Dhuafa

Sebagai acara puncak diadakan santunan untuk dhuafa diadakan di Desa Sibanteng, Leuwisadeng. Acara dihadiri para Pengurus Cabang dan pihak kampus yang diwakili langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Bogor, Yusfitriadi.

“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini kepada Jajaran Pengurus HMI-MPO Komisariat STKIP Muhammadiyah Cabang Bogor dalam upaya memberikan pencerahan dalam bentuk pendidikan karena semua kecerdasan apapun itu namanya ada karena proses pendidikan,” kata Yusfitriadi.

Ia juga menambahkan, tidak sedikit mahasiswa yang dibenci masyarakat karena hal negatif tetapi HMI-MPO dinilai mampu memberikan kiprah nyata dimasyarakat. “Maka dari itu, siapun dan di manapun saya dukung dan mari kita dukung gerakan-gerakan untuk  mencerdaskan masyarakat dengan bentuk pendidikan,” lanjutnya.

Ketua Umum HMI MPO Komisariat STKIP Muhammadiyah Bogor, Ana Mulyana, menjelaskan tema kegiatan yang kedua ini adalah Gema Ramadan Sebagai Aktualisasi Nilai Kemanusiaan Upaya Mewujudkan Masyarakat Yang Diridhoi Oleh Allah SWT. “Kegiatan sanlat yang dilakukan kami walau tidak begitu baik tetapi hal ini adalah upanya memberikan dasar tentang nilai dan budaya-budaya islam dan hal ini sebagai investasi jangka panjang buat masyarakat” kata dia.

“Penutupan Gebyar Ramadhan itu juga dihadiri Kades dan warga Desa Cibanteng dan dimeriahkan dengan marawis MA Cendekia Muslim,” terang Ketua Gebyar Ramadhan, Kardi di hadapan warga, pihak kampus, pengurus komisariat dan Ketua Umum HMI MPO Cabang Bogor, saat acara berlangsung, Sabtu (3/8/2013).

Asep Kurnia

Tags
Share

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment