HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Vakum sejak 2011, Pengurus HMI Cabang Jepara Akhirnya Dilantik HMINEWS.COM – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jepara periode 2018-2019 sukses menggelar pelantikan pada Sabtu (28/7/2018) bertempat di gedung Shima Jepara, Jawa Tengah. Sebanyak 17 orang pengurus HMI Cabang Jepara...
  • Pengurus Besar HMI Resmi Dilantik HMINews.com-Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) MPO periode 2018-2020 resmi dilantik di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2018) lalu. Dalam pelantikan tersebut, Pengurus PB HMI dikukuhkan langsung oleh Ketua...
  • Masyarakat Papua Sambut Hangat Kongres HMI ke-31 HMINEWS.COM – Kongres HMI ke-31 sukses dibuka di gedung Aimas Convention Centre (ACC) kabupaten Sorong pada Minggu 28 Januri 2018. Kongres kali ini mengangkat tema “HMI untuk umat dan bangsa; merawat generasi...
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...

PNJ, Beragam Kreatifitas Mahasiswa Dipamerkan

April 21
17:27 2013

Maket rumah adat Betawi karya mahasiswa teknik sipil

HMINEWS.Com – Beragam kreatifitas mahasiswa teknik ditampilkan dalam ajang PNJ Fair 2013. Dari teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, akuntansi, administrasi bisnis, dan teknik grafika & penerbitan.

Seperti dipamerkan mahasiswa jurusan teknik berupa maket bangunan adat Betawi. Menurut Andi Dwi Putra, mahasiswa semeter 4 anggota tim tersebut, maket bangunan yang dibuat kelompoknya pernah menjuarai Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) di Institut Teknik Surabaya (ITS) tahun 2012.

Mahasiswa teknik mesin memamerkan hasil tugas akhir berupa miniatur lift, turbin angin dan rangkaian elemen penyerap tenaga surya. Karya-karya tersebut dipamerkan di bersebelahan dengan stand mahasiswa jurusan teknik sipil.

Beda lagi dengan mahasiswa jurusan teknik elektro, mereka memajang robot-robot mirip robot tranporter dalam film, mobil mini sejenis tamiya yang mereka namakan ‘Line Follower’ (pengikut gari).

“Ini robot kendaraan yang bekerja berdasarkan sensor warna. Led dan perangkat sensor warna lainnya mendeteksi warna pada permukaan papan dan kemudian dipantulkan, kemudian robot akan melaju sesuai jalur yang dibuat,” ujar Reza. Menurutnya, robot tersebut pernah memenangkan kontes di Unisma Bekasi, Maret lalu.

Dari jurusan teknik grafika & percetakan, mahasiswa memamerkan berbagai desain cetakan, contoh iklan outdoor berupa bangunan karton asimetris yang unik, hasil kreatifitas mereka selama belajar di PNJ.

Selain karya-karya tersebut, tampak piala-piala diletakkan di masing-masing jurusan, yaitu piala hasil dari mereka menjuarai kontes di berbagai even regional maupun nasional. Dengan keahlian tersebut, nantinya mereka akan lebih siap bersaing dalam bursa tenaga kerja, maupun bersaing dalam pengembangan teknologi Indonesia masaar depan.

Pada hari penutupan tersebut, Jum’at (19/4/2013), juga diumumkan juara berbagai perlombaan yang digelar PNJ (Politeknik Negeri Jakarta), mulai dari lomba debat, pidato, desain cipta karya dan mural serta lomba menulis essay. Para pemenang mendapatkan piagam dan uang tunai dari panitia dan sponsor kegiatan yang bertema “The Primacy of PNJ” tersebut.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment