HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Pengurus Besar HMI Resmi Dilantik HMINews.com-Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) MPO periode 2018-2020 resmi dilantik di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2018) lalu. Dalam pelantikan tersebut, Pengurus PB HMI dikukuhkan langsung oleh Ketua...
  • Masyarakat Papua Sambut Hangat Kongres HMI ke-31 HMINEWS.COM – Kongres HMI ke-31 sukses dibuka di gedung Aimas Convention Centre (ACC) kabupaten Sorong pada Minggu 28 Januri 2018. Kongres kali ini mengangkat tema “HMI untuk umat dan bangsa; merawat generasi...
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...
  • Solusi Ideal Stagnasi Pendidikan Indonesia Suatu hari di tahun 2017, seorang guru yang ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengajar di sebuah daerah perbatasan Indonesia – Malaysia di daratan Kalimantan, merekam empat...

Barat Berlebihan Sikapi Islamopobhia

May 20
11:17 2011

HMINEWS,COM,- Barat bersikap terlalu berlebihan terhadap Islam dan Dunia Islam. Ketakutan berlebihan, dan cenderung memojokkan Islam karena dianggap sebagai sebuah kumpulan teroris. Hal itu merupakan pendapat yang salah sekaligus perlu diluruskan.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, dalam Seminar Internasional Sosio-Political Changes in the Islamic World : Challenges and Opportunities, di UC UGM, Sleman, DIY, Selasa (17/5/2011). Politisi Partai Golkar ini juga menyoroti pandangan yang salah mengenai Islam tidak bisa hidup di negara demokratis.

“Itu salah besar. Nyatanya Indonesia dengan mayoritas beragama Islam juga dapat menjaga semangat demokratisasi,” tutur Priyo, pada acara yang juga menampilkan pembicara mantan perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, dan mantan ketua MPR RI, Amien Rais.

Ia mengatakan pascareformasi Indonesia kini telah dapat dikatakan sebagai salah satu negara paling demokratis di muka bumi. Hal ini pun menurutnya bisa menjadi percontohan dan cerminan, terutama untuk negara-negara Barat bahwa Islam pun dapat menciptakan sebuah sistem demokrasi yang mendekati makna demokrasi sebenarnya.

Terkait sejumlah krisis dan permasalahn di beberapa negara Islam di Timur Tengah, Priyo menilai hal tersebut dapat menjadi suatu entri poin tersendiri. Ia menjelaskan, entri poin yang dimaksud di sini adalah permasalahan tersebut dapat menjadi momentum untuk menyongsong sebuah dunia baru.

“Dunia Islam dan Barat yang selama ini tidak akur, bukan tidak mungkin nantinya akan berubah. Ini bisa menjadi jembatan hubungan baru antara dunia Islam dan Barat, begitu pula sebaliknya,” lanjut Priyo.

Adapun Amien Rais lebih menyoroti pada penyelesaian krisis yang terjadi di beberapa negara Islam di Timur Tengah. Amien, yang juga ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM dan pakar Timur Tengah, mengajak kaum Muslim untuk kembali pada kitab suci Alquran.

“Di Alquran kita tidak diajari untuk saling bunuh atau pertumpahan darah untuk mengubah dunia,” tegasnya.

Mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini juga menekankan perlunya kesadaran diri masing-masing pihak, terutama umat Muslim, untuk bijak dalam melihat suatu permasalahan. Menurutnya, dengan cara demikian, segala persoalan akan dapat diselesaikam secara baik tanpa perlu  kekerasan atau perang saudara.

Seminar  Sosio-Political Changes in the Islamic World : Challenges and Opportunities merupakan rangkaian kegiatan The 7th Gathering of Union of Islamic World Student yang digelar Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Acara diselenggarakan 16-19 Mei 2011. /hast/ Tribun Jogja/.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment