HMINEWS.COM

 Breaking News
  • Pancasila dan Pembubaran Ormas Radikal Belakangan ini wacana pembubaran organisasi yang (dianggap) menentang Pancasila ramai dibicarakan. Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Mei, usai memberi sambutan dalam acara Mukernas dan Halaqah Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Pondok Pesantren As-Tsaqafah, Jakarta menyampaikan bahwa wacana pembubaran itu sedang dikalkulasi oleh menkopolhukam....
  • PB HMI Sambut Baik Vonis Terhadap Ahok HMINEWS.COM, Vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tanggapan dari PB HMI MPO. Direktur Eksekutif Lembaga Kekaryaan Bantuan Hukum (LKBH) PB HMI,...
  • Solusi Ideal Stagnasi Pendidikan Indonesia Suatu hari di tahun 2017, seorang guru yang ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengajar di sebuah daerah perbatasan Indonesia – Malaysia di daratan Kalimantan, merekam empat...
  • Hoax Semakin Meresahkan HMINEWS.COM, Berita hoax yang beredar di media sosial dinilai sudah sangat meresahkan, banyak netizen yang telah menjadi korbannya, kecenderungan netizen yang terlalu mudah membagi informasi tanpa verifikasi awal, turut membantu...
  • Siap Lawan Koruptor, PB HMI Kunjungi Novel Baswedan HMINEWS.COM, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI MPO) menjenguk penyidik KPK, korban serangan teror, Novel Baswdean di Rumah Sakit JEC Menteng Jakpus, Selasa (11/4). Rombongan PB HMI tersebut dipimpin...

Meretas Jalan Menjadi Mega Portal Kaum Muda Indonesia

September 22
04:32 2008

Impian memang selalu inspiratif. Cita-cita memang selalu menantang. Gambaran akan apa yang kita wujudkan inilah yang menjadi pengobar semangat sehingga hidup tidak ingin kita jadikan secara standar dan ‘rata-rata’ saja. Ada pencapaian yang ingin kita dapatkan. Ada tujuan yang kita raih. Ada visi yang membalut pandangan terhadap masa depan sehingga kitalah yang menjadi subjek atas situasi dan perubahan.

Impian, dream, cita-cita, dan visi juga yang membuat HMINEWS.COM sekarang tampil berubah. Kekuatan akan impian inilah yang membawa obesesi dan harapan untuk kita bisa menampilkan sebuah era baru. Era dimana perubahan mewarnai HMINEWS.COM.

Impian juga yang membuat kita memegang prinsip menghindari tampil menjadi media sekedar ala kadarnya saja. Asal sebatas tayang, tanpa memberi makna lebih atas kehadiran kami. Namun, HMINEWS.COM diharapkan senantiasa terkoneksi dengan gagasan perubahan sekaligus kemajuan agar tidak menjadi media rata-rata, standar dan biasa saja.

Logo HMINEWS.COM

Kesadaran inilah yang membuat HMINEWS.COM lahir kembali (reborn). Sebuah kelahiran yang penuh penantian. Ia memakan waktu tidak sedikit dengan tenaga dan pikiran yang tercurahkan, semangat tim yang harus terus dijaga dan dikelola, serta penjagaan diri dari potensi pelemahan diri akan perwujudan sebuah impian. Pada akhirnya, optimisme yang diiringi kerja keras yang membuat kita yakin bahwa usaha ini akan sampai,  meski tantangan dan berbagai persoalan menghadang.

Mega Portal Kaum Muda Indonesia

‘Roma tidak dibangun dalam satu hari’. Demikian juga HMINEWS.COM yang baru. Apa yang kita tampilkan mulai saat ini, bukanlah sebuah proses instan dan singkat, apalagi ijig-ijig. Hampir setahun lalu pikiran untuk melakukan perubahan terhadap HMINEWS.COM terbersit. Perkembangan teknologi terbaru yang pesat di dunia maya serta keinginan untuk meletakan ruang ini pada sebuah visi baru membuat kita tergerak untuk melakukan perombakan.

Apa yang kita lakukan juga bukanlah sesuatu yang latah. Seperti mengikuti perubahan berbagai media nasional yang juga melakukan metamorfosa dalam sajian dan tampilan website mereka. Perubahan HMINEWS.COM kita letakan berdasarkan kekuatan ekstrapolatori yang kita lakukan. Yakni membaca situasi kekinian serta masa depan dan berbagai kemungkinan yang akan terjadi, sehingga kita menjadi ruang yang relevan di tengah perkembangan zaman.

Kita ingin berpikir maju. Bukan status quo dan tidak melakukan apa-apa. Apalagi berpikir mundur, selayaknya undur-undur dalam berjalan. Kita tidak ingin menjadi bagian yang suka terkaget-kaget dengan perubahan, apalagi menjadi bagian yang diam, serta bersikap reaktif di tengah arus transformasi zaman. Maka, disinilah makna perubahan HMINEWS.COM yang kita lakukan. Perubahan ini, tentunya kita harapkan akan menjadikan HMINEWS.COM lebih baik dan bisa ikut memberi peran yang lebih maju dalam dinamika bangsa secara luas.

Setidaknya perubahan HMINEW.COM kita letakan dalam tiga hal. Pertama, pada politik pemberitaan. HMINEWS.COM telah mengambil komitmen untuk menjadi media komunikasi gerakan kaum muda Indonesia. Kita tidak lagi sebatas menjadi media komunitas untuk kalangan HMI (MPO) saja, tapi meluas menjadi media gerakan dan jembatan komunikasi antar elemen kaum muda Indonesia. Tentu saja dengan tidak meninggalkan berita, informasi serta spirit yang dibawa dari nilai-nilai yang ‘diajarkan’ HMI (MPO).

HMINEWS akan memfokuskan diri pada persoalan-persoalan politik, hukum, ekonomi, sosial, dan budaya yang diusung oleh kelompok muda Indonesia. Target HMINEWS adalah menjadi media gerakan yang terbesar dan pertama yang paling concern dalam menyajikan informasi pergerakan kaum muda Indonesia. Selain itu HMINEWS bertekad menjadi lumbung data berbagai elemen pergerakan terlengkap sekaligus menjadi news centre berita dan wacana yang diusung berbagai kelompok gerakan muda di Indonesia.

Inilah visi HMINEWS.COM. Menjadi megaportal yang akan menjadi referensi utama bagi kaum muda Indonesia, bahkan masyarakat luas Kita ingin melakukan lompatan jauh ke depan. Fokus pada masa depan serta berusaha think out of the box (berpikir di luar kotak) sehingga terus menerus melakukan inovasi dalam gerakannya.

Beberapa fase memang telah dilalui oleh HMINEWS.COM. Fase pertama adalah menjadi Media Struktural (2002-2004), dimana HMINEWS.COM sebagai media campaing Pengurus Besar (PB) HMI kepada Cabang-cabang HMI yang tersebar di seluruh Indonesia. Fase kedua adalah sebagai Media Komunitas (2004-2006), dimana  HMINEWS menjadi alat komunikasi antar kader HMI (MPO), dengan berisi berita serta pertukaran ide dan gagasan antar kader.

Fase ketiga (2006-sekarang), HMINEWS.COM diletakan dalam kerangka sebagai media Komunikasi Gerakan Kaum Muda Indonesia. Gagasan ini didasarkan pada pada realitas tidak adanya ruang bersama yang efektif dan berkesinambungan untuk menjembatani komunikasi antar elemen gerakan kaum muda yang tercerai berai pasca tumbangnya Orde Baru. Padahal kita tahu, kaum muda memiliki dinamika tersendiri dan spirit perubahan yang sangat besar. HMINEWS.COM kita harapkan bisa menjadi jembatan sekaligus rumah bersama untuk menginformasikan segala sesuatu yang terjadi pada kaum muda. Selain itu HMINEWS.COM juga ingin kita fungsikan untuk  menyebarkan ide, gagasan, dan realitas kehidupan anak muda Indonesia di tengah kebhinekaan yang ada.

Gagasan ini belum ada yang menjalankan. Termasuk organisasi-organisasi besar kepemudaan tingkat nasional sekalipun. Media kaum muda rata-rata masih bergerak dalam cangkangnya masing-masing. Dalam tempurung mereka sendiri, sehingga apa yang sedang terjadi, gagasan apa yang dilontarkan untuk keIndonesiaan misalnya, masih menjadi konsumsi domestik masing-masing lembaga dan tidak terkomunikasikan. Melalui HMINEWS.COM yang baru inilah, kita mencoba mengkongkritkan visi yang ada, meski vision statement itu sudah dilakukan hampir dua tahun yang lalu.

Komitmen terhadap keIndonesiaan juga yang membuat kita mengambil positioning ini. Kita ingin menjadikan lokus bernama Indonesia sebagai medan garap di tengah fragmentasi kaum muda yang ada serta ‘jalan buntu’ yang sedang dihadapi Indonesia sebagai sebuah bangsa. Gagasan ini juga meniscayakan  memperluas jangkauan HMINEWS ke wilayah publik dan menjadi bagian dari upaya memperkuat civil society terutama dari kalangan muda.

Tampilan Lebih Segar

Perubahan kedua yang coba dilakukan adalah pada tampilan HMINEWS.COM. Kita  menghadirkan perwajahan baru yang lebih segar serta desain teranyar dengan content yang lebih kaya dibanding sebelumnya. Kita sangat sadar dengan hukum perubahan dalam dunia bisnis yang bisa kita kontekstualisasikan. ‘Selera pasar akan selalu berubah, untuk itu menu harus ditambah’. Maka, ‘menu’ di HMINEWS.COM yang baru juga kita tambah.

Rubrik akan news tetap hadir sebagai salah satu sajian utama. Bagaimanapun juga news atau berita adalah salah satu menu istimewa kita. Journalism is power. Namun, kita sadar bahwa kebutuhan orang mengakses website bukan sebatas berita. Oleh karena itu, kita juga hadirkan menu-menu lain yang memberi nilai lebih ketika mengakses HMINEWS.COM. Ada  HMINEWS TV dan Radio, dua perkembangan terbaru yang memberi bobot lebih pada kehadiran HMINEWS.COM sekarang. HMINEWS TV dan Radio akan menjadi salah dua menu unggulan yang kita coba hadirkan untuk memenuhi ‘selera pasar’ yang terus bertambah tersebut. Dimensi multi media coba kita hadirkan sebagai bagian dari inovasi keterbaruan HMINEWS.COM.

Selain tetap memberi ruang bagi opini atau artikel, HMINEWS.COM baru juga menampilkan rubrik jurnal yang berisi tulisan panjang dan ilmiah untuk menampilkan pemikiran tentang tema tertentu. Jurnal dihadirkan agar HMINEWS.COM tetap punya komitmen tidak berpaling dari dimensi intelektualitas sehingga bisa dijadikan referensi bagi para penggunanya.

Selain itu rubrik foto sekarang lebih beragam, tidak hanya satu seperti sebelumnya. Kita berusaha menghadirkan realitas dalam kamera dengan menampilkan ‘foto yang berbicara’ tentang suatu fakta dan kejadian. Selain, itu masih ada rubrik-rubrik baru lainnya yang bisa diakses oleh pengguna HMINEWS.COM seperti biografi, feature, science, tips, newsstor, top comment dan forum. Intinya kita berusaha menghadirkan sesuatu yang lebih segar dan baru dengan tetap tidak meninggalkan kekuatan jurnalistik sebagai salah satu pilar dari website ini.

Perubahan ketiga adalah pada managemen. Untuk mendukung performance HMINEWS.COM, maka kita berusaha menghadirkan pengelolaan yang lebih profesional. Baik pada wilayah internal maupun ke eskternal. Konsekuensinya juga adalah kita akan lebih serius dalam keseimbangan ayunan idealisme dan bisnis untuk menghidupi kelembagaan.

Selain itu kita berusaha akan mengelola HMINEWS.COM sebagai taman informasi yang lebih dinamis dan semarak. Dalam analog sederhana, HMINEWS.COM ibarat  restoran informasi yang berusaha menghadirkan informasi sebagai menu utama pada  penggunanya. Oleh karena itu, maka kita juga akan berusaha mengikutinya dengan menghadirkan ‘juru masak-juru masak informasi’ dari berbagai penjuru negeri.

Kita sadar, Indonesia adalah taman yang sedemikian luas dan dinamika itu tidak sebatas di Ibukota. Oleh karena itu kita akan mencoba menghadirkan berita-berita dari berbagai wilayah di Indonesia dengan memiliki koresponden daerah sebagai salah satu ujung tombak pemberitaan HMINEWS.COM. Prinsip pemberitaan harus quick (cepat), quality (berkualitas) dan quantity (banyak) akan berusaha kita tampilkan untuk mewartakan kabar dari penjuru negeri, meski dengan segala keterbatasan yang ada sekarang.

Inilah HMINEWS.COM yang baru. Kita sadar masih ada banyak kekurangan yang ditampilkan pada HMINEWS.COM baru ini. Kita juga sadar membangun sebuah ruang agar kredibel, diakui dan senantiasa responsif terhadap perkembangan zaman tidaklah mudah dijalankan. Butuh proses tidak cukup satu dua hari atau satu dua bulan. Tapi kita memiliki cita-cita. Mempunyai impian dan inilah kekuatan terbesar yang ada pada kami.  Kehadiran HMINEWS.COM yang baru merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi yang ingin kita capai: menjadi mega portal gerakan kaum muda Indonesia. Sebuah keinginan yang tidak mudah dan diharapkan bisa memacu langkah kami untuk merealisasikannya. Selamat datang HMINEWS.COM baru!!! (Segenap Redaksi)

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

1 Comment

  1. syamsul
    syamsul July 13, 10:36

    semoga. HMInews Jaya bersama jayanya gerakan kaum muda indonesia, sya sepakat media HMInews harus mampu menjadi pusara gerakan kaum muda indonesia yang melampaui sekat-sekat organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan yang ada di tanah air. selamat berjuang semoga sukses selalu bersama..

    Reply to this comment

Write a Comment